KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN BORONG KABUPATEN MANGGARAI TIMUR NUSA TENGGARA TIMUR

Agustina Sri Purnami, Yosef Patromi Dirwan Pentor

Abstract


Abstrak: Seorang guru dituntut untuk mencioptakan kreativitas, lebih-lebih di masa pandemic sekarang ini. Kreativitas besar pengaruhnya terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Hal ini sesuai dengan Keputusan Mendikbud Nomor 719/P/2020 menyebutkan bahwa Kondisi Khusus dalam masa pandemi adalah suatu keadaan bencana yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Untuk itu guru dituntut untuk menciptakan kreativitasnya. Penelitian bertujuan menguji dan mengetahui data-data empirik pengaruh Tingkat pendidikan dan pelatihan, lingkungan kerja, dan kreativitas terhadap kinerja guru secara terpisah maupun simultan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur yang berjumlah 148 dan sampel sebanyak 108 guru yang diambil dengan metode proposional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Jenis analisis adalah analisa regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,087. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Y = 67.98 + 1.018X1. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur  yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,113. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= 79.921+ 0, 206 X2. Ketiga Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur yang tunjukkan dengan besarnya nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,634. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= 16.867+ 0,587 X3. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pelatihan, lingkungan kerja, dan kreativitas secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur yang tunjukkan oleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,00 lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Nilai koefisien korelasi antara kedua variabel ini (r)  sebesar 0,649. Bentuk hubungan ditunjukkan dengan persamaan persamaan regresi Y = 2.139 + 0,528X1 + 0. 023 X2 + 0,556 X3.  Besarnya pengaruh ditunjukkan dengan dengan nilai R2 = 0.659. Masing-masing variable bebas memberikan sumbangan relative berturut-turut sebesar SR(X1) = 30.63%, SR(X2) = 34.47%, dan SR(X3) = 34.90%. Sedangkan sumbangan efektif variable bebas berturut-turut sebesar SE(X1) = 20.19%, SE(X2) = 22.71%, dan SE(X3) = 23%. Dilihat dari sumbangan relatif maupun efektif, maka variable kreativitas guru memberikan sumbangan terbesar terhadap kinerja guru di Guru SMA Negeri Di Kecamatan Borong Kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur.


Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Anas Sudijono. (2009). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pendidikan. Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu Sp. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/445/PDF

Husaini, Usman dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Jogiyanto, 2010, Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: BPFE.

jurnal Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol. 2 , No. 1 April –Juli 2019p-ISSN: 2615-4919e-ISSN: 2615-4927 ” PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU”.

Jurnal Daya saing (vol. 4, No. 1 Feb 2018, p. ISSN: 2541-4356 Yogie Rahmat ” Pengaruh Tingkat Pendidikan, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMPN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten 50 Kota”.

Kurniati, Laeli. 2007.” Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru di SMK N 1 Purbalingga” Skripsi S1. UNNES

Margono, S., Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Mulyasa 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Nana Syaodah Sukmadinata, (2005), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

oni, T.R. 1991. Kurikulum Inti Program Pendidikan Guru S1. Jakarta : LPTK

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun 2007 tentang standar kompetensi guru. http://luk.staff.ugm.ac.id/ atur/Permen16-2007KompetensiGuru.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.