IMPLEMENTASI NUTRITION GOES TO SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN SISWA MADRASAH DI MTSN 6 JAKARTA TIMUR
Abstract
Penelitian ini tentang implementasi program Nutrition Goes to School (NGTS), faktor pendukung dan penghambat implementasi program Nutrition Goes to School (NGTS). Program kesehatan siswa dan solusi yang dilakukan oleh Madrasah dalam mengatasi hambatan implementasi program Nutrition Goes to School (NGTS) di MTs Negeri 6 Jakarta Timur. Pembiasaan hidup sehat remaja di lingkungan sekolah dan rumah serta masyarakat menjadi suatu langkah dalam penumbuhan pola hidup sehat siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, didasarkan atas kenyataan yang berlangsung sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian penulis mengarah kepada kesimpulan yaitu: (1) implementasi Nutrition Goes to School (NGTS) tahap pembiasaan yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dalam masa pandemi Covid-19, tahap pengembangan yaitu melakukan pola hidup sehat dengan menganalisis buku yang dibaca, tahap pembelajaran yaitu dilanjutkan dengan menganalisis serta pemberian tugas akademik dan meningkatkan pola hidup sehat siswa melalui pembiasaan dan giat membaca yang diprogramkan oleh MTs Negeri 6 Jakarta Timur, (2) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan Nutrition Goes to School (NGTS) di MTs Negeri 6 Jakarta, sarana prasarana, fasilitas buku kesehatan, perpustakaan memadai, progam dukungan dari orang tua, guru dan alumni. Ada beberapa siswa yang belum terbiasa dalam pembiasaan pola hidup sehat, (3) Solusi memotivasi siswa mengikuti kegiatan dengan baik, memberikan arahan atau teguran, menghimbau kepada seluruh warga sekolah baik guru atau siswa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar menjadi pribadi yang sehat, cerdas dan mandiri.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.