PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA KELUARGA PENERIMA DANA BANTUAN SOSIAL DI DESA KLEPEK KABUPATEN KEDIRI: STUDI KUALITATIF
Abstract
1) Latar Belakang: Kualitas pelayanan kesehatan dapat menjadi salah satu faktor penting dalam memenuhi hak masyarakat untuk kesehatan. Namun, hingga saat ini terdapat permasalahan yang belum terselesaikan yaitu kurangnya empati petugas kesehatan atau pelayanan kurang baik yang diterima oleh pasien Jaminan Kesehatan Nasional. Oleh karena itu, perlu dianalisis mengenai persepsi kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh keluarga penerima dana bantuan sosial untuk memperoleh bukti ilmiah dan membantu pengembangan kebijakan kesehatan di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis persepsi kualitas pelayanan kesehatan yang diperoleh keluarga penerima dana bantuan sosial di Desa Klepek, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. 2) Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi Rapid Assessment Procedure (RAP). Pada penelitian ini, data diperoleh melalui kegiatan wawancara mendalam (in-depth interview). 3) Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pemilihan fasilitas kesehatan oleh informan didasari oleh pelayanan yang baik, cepat, jarak yang dekat, rujukan dari fasilitas kesehatan sebelumnya, fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), serta ketidakpuasan terhadap pelayanan kesehatan lainnya. 4) Kesimpulan: Sebagian besar informan mempersepsikan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang diterima baik dan nyaman. Namun salah satu informan menyatakan ada beberapa petugas kesehatan dan pasien yang memberikan komentar kurang baik terhadap pasien Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun terhadap pelayanan yang diperoleh. Selain itu, sebagian informan mempersepsikan adanya kesenjangan pelayanan yang diterima, yaitu terdapat perbedaan perhatian dan jaminan kesembuhan kepada pasien serta perbedaan obat yang diterima.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.