PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI

Muhammad Zulfikar, Irfan Irfan, Hasbunallah Hasbunallah, Ricardo Valentino Latuheru, Andi Hasriadi Hasyim, Iyan Nurdiyan Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap problematika yang dihadapi guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani tingkat SMP di kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner permasalahan guru dalam proses pembelajaran. Instrumen ini mengukur tiga aspek dalam pemelajaran yakni permasalahan pada saat perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, serta evluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 55% guru merasa tidak kesulitan dan sangat tidak kesulitan dalam menerapkan pembelajaran daring selama pandemi, dan 45% guru menyatakan kesulitan dan sangat kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran penjas secara daring. Tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan gender. Komponen pelaksanaan pembelajaran merupakan komponen yang dominan guru merasa kesulitan dalam menerapkannya).


Keywords


problematika pembelajaran, pendidikan jasmani, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Herlina & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education. Vol 8, No 1.

Nakayama M & Yamamoto H (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.

Qomarrullah, Rif’iy. (2014). Model Aktivitas Belajar Gerak Berbasis Permainan Sebagai Materi Ajar Pendidikan Jasmani (Penelitian Pengembangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar). Indonesian Journal of Sports Science 1 (1): 76–88.

Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Suherman, Adang. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Wali Artika.

Supriyadi, Muhammad. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Jurnal Gelanggang Olahraga 1 (2): 6–11.

Warianthos, R. (2020)., Belajar dari Covid-19, Persfektif Teknologi dan Pertanian, Yayaysan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Zulfikar, Irfan Irfan, Hasbunallah Hasbunallah, Ricardo Valentino Latuheru, Andi Hasriadi Hasyim, Iyan Nurdiyan Haris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.