PENGARUH LATIHAN BOX JUMP TERHADAP KEMAMPUAN LAY-UP SHOOT BOLA BASKET DITINJAU DARI PANJANG TUNGKAI KLUB HARISMA BONE

Darul Husnul

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh mengungkap pengaruh latihan box jump terhadap kemampuan lay-up shoot bola basket ditinjau dari panjang tungkai klub basket Harisma Bone. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena penelitian ini memerlukan perlakuan. Perlakuan yang dilakukan pada variabel bebas dan dilihat hasilnya pada variabel terikatnya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Prestest Posttest Design. Frekuensi Latihan yang digunakan adalah 4 kali dalam seminggu. Lama latihan adalah 12 pertemuan selama 4 minggu. Populasi dalam penelitian ini adalah tim Tim bola basket Harisma Bone dengan jumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling  yakni penentuan sampel secara acak. Sampel yang dipilih ialah para pemain dari tim Tim bola basket Harisma Bone dengan jumlah 10 orang. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai sig 0.00 (sig < 0.05), dengan selisih 1.93 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh latihan box jump terhadap kemampuan lay-up shoot bola basket di tinjau dari panjang tungkai klub bola basket Harisma Bone, dengan kata lain bahwa ada pengaruh latihan box jump terhadap kemampuan lay-up shoot bola basket.


Keywords


latihan box jump, lay-up shoot, bola basket

Full Text:

PDF

References


Baechle, T. R & Earle R. W. (2008). Essentials of Strength Training and Conditioning Third Edition. USA: Human Kinetics.

Chu, D. A. (1992). Jumping Into Plyometrics. California: Leisure Press

Kosasih, D. (2008). Fundamental Basketball First Step to Win. Semarang: CV. Elwas Offset

Oliver, J. (2007). Dasar-dasar Bola Basket. Bandung: Pakar Raya P.T Sastra Husada

Pelo, A. S. R., Wani, B., & Wea, Y. M. (2019). Pengaruh Latihan Plyometric Box Jump Terhadap Kemampuan Lay Up Shoot Dalam Ekstrakurikuler Bola Basket Siswa Kelas Viii Smps Soegijapranata Mataloko. Jurnal Ilmiah Citra Bakti. 1(1).

Sodikun, I. (1992) Olahraga Pilihan Bolabasket. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Darul Husnul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.