Efek Self-Talk Positif dan Imagery Daring pada Pembelajaran Futsal

Muhammad Al Adiyat, Ervan Kastrena, Aziz Amrulloh

Abstract


The background of this study is the low level of basic futsal skill that caused by the canging of learning paradigm in covid 19 pandemic. This study aims to test the effectiveness of self-talk postive and imagery in learning futsal skill. This study used an experimental method with two group design; pretest and posttest. The subject of this study were 18 students who are members of the futsal extracurricular at SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur as the total sampling that was divided into two experimental group using MSOP based on the ranking of the futsal skill test. The instrument of collecting the data was used "Tes Keterampilan Dasar Futsal Jurnal Iptek Olahraga". This study was used intervention program of self-talk positive and imagery that was done in 14 meetings. SPSS application was used to analys the data for finding the minimum score, maximum score, mean, standard deviation, normalitas, homogenitas, and paired sample t-test. The result of this study through daring media showed that self-talk postive has big effect than imagery for increasing learning futsal skill.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan dasar futsal yang diakibatkan perubahan paradigma pembelajaran di masa pandemi covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efek progam self-talk positif dan Imagery terhadap pembelajaran keterampilan bermain futsal siswa. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain two group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Cianjur dengan total sampling, yang dibagi menjadi dua kelompok kelompok eksperimen dengan match subject ordinal pairing (MSOP) berdasarkan peringkat dari tes keterampilan bermain futsal. Instrumen yang digunakan “Tes Keterampilan Dasar Futsal Jurnal Iptek Olahraga”. Program intervensi self-talk positif dan Imagery dilakukan selama 14 kali pertemuan Analisis data menggunakan aplikasi SPSS yang bertujuan mencari nilai minimum, maksimal, mean dan standar deviasi, normalitas, homogenitas dan paired sample t-test. Program self-talk positif melalui media daring memiliki pengaruh yang lebih besar dari pada imagery dalam peningkatan pembelajaran keterampilan bermain futsal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.