Pengaruh Ketetapan Metode dan Teknik Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat

Adzra Nur Alifa Marliana, Berliana Sekar Arum Mutikasari, Defiana Puspitasari, Leoni Yacinta Brilianti, Yunia Isnaeni Putri, Lasi Purwito

Abstract


Dalam pendidikan dan pelatihan terdapat berbagai macam karakteristik dari peserta, baik dalam penangkapan materi yang disampaikan ataupun pada aspek-aspek lainnya. Oleh sebab itu metode dan teknik yang tepat sangat dibutuhkan agar menjangkau kemampuan dari para peserta diklat. Selain itu pemilihan pendidikan dan pelatihan yang tepat merupakan salah satu hal yang nantinya dapat memperkuat dan menunjang peningkatan mutu dari peserta pendidikan dan pelatihan agar sesuai dengan tujuan dari pendidikan dan pelatihan yang telah direncakan sebelumnya. Pendidikan dan pelatihan diharapkan dapat menghasilkan suatu perubahan perilaku sasaran dari pendidikan dan pelatihan tersebut. Secara nyata perubahan perilaku itu berbentuk peningkatan kemampuan, pengetahuan, maupun keterampilan atas pekerjaan yang mereka kerjakan. Dilaksanakannya pendidikan dan pelatihan pun berdasarkan dari metode yang sudah diatur ke dalam sebuah proses pendidikan dan pelatihan tersebut agar dapat tepat sasaran.

Full Text:

PDF

References


Alim, M Syaikhul. (2010). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Keikutsertaan Diklat Dan

Sikap Pada Profesi Terhadap Kompetensi Guru Pai Sd Di Kabupaten

Pekalongan. Tesis.

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar GuruGuru Sekolah Dasar. 2, 205–212.

Arifin, Z., & Madura, I. (2019). Di Era Revolusi Industri 4.0. The Method Or

Technique Of Training For Instructure In The Era Of Indusrial Revolution 4.0.

Al-Fikrah, 2(2), 135–154.

Arjita, U. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Widyaiswara Terhadap Prestasi Peserta Diklat

Pada Matadiklat Etika Publik di Pusdiklat BPS. Scholaria: Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan. 9 (1). 76-81.

Atriyanto, B., & Sulistyo, E. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap

Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI

TAV di SMA Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3 (2), 09-

Desamawati, Y. T. W. L. (2015). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi Di Rutan Banjarnegara. 4(1), 71–

Dian, P., Di, A. Y. U., & Sidenreng, K. (2019). Peranan lapangan perlembagaan di lembaga

kursus dan pelatihan dian ayu di kabupaten sidenreng rappang. Jurnal Edukasi

Nonformal, 1(1), 122–138.

Fauziah, Y. N. (2011). Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan

Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V Pada Pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam. Edisi Kusus. Vol.2. 98-106.

Handoko, Hani. (2000). Manajemen Personalia & Sumber daya Manusia Edisi 2. Cetakan

Keempat Belas. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Hanggraeni, Dewi. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan I. Jakarta: Lembaga

Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Hasan, A. (2018). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja

Pustakawan. Libria, 10(1), 95–115.

https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/libria/article/view/3384/2366

Jayakerta, K., & Karawang, K. (2017). Pelatihan Kewirausahaan Budi Daya Ikan Lele

Dumbo Untuk Pemberdayaan Pemuda Di Desa Kemiri Kecamatan Jayakerta

Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 121–133.

Karamoy, Dave. 2016. Analisis Perbandingan Metode Pelatihan Karyawan Pada Yayasan

Kasih Karunia Indonesia Timur. Jurnal EMBA. 4(2). 791-792. DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v4i2.13177

Kaswan, 2011, Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Cetakan

Kesatu. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Kunci, K., Kelas, M., & Guru, D. (n.d.). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam

Pembelajaran. https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsepmanajemen-kelas-dan-implikasinya.pdf

Lutvaidah, U. (2015). Pengaruh metode dan pendekatan pembelajaran terhadap

penguasaan konsep matematika. 5(3), 279–285.

Masruroh, L., Slamet, A., & Khafid, M. (2017). Pengaruh Keefektifan Pembelajaran

Pelatihan dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Balai Diklat Keagamaan

Semarang. Educational Management. 6 (2). 109-114.

Munajatisari, Rinni Rodiah. 2014. Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal dan ELearning. Jurnal Administrasi Bisnis. 10(2). DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v10i2.1463.%25p

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil

Belajar Siswa. 11(1), 9–16.

Nurdin, Y. (2017). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat.

Andragogi

Jurnal Diklat Teknis. 5 (2). 113-128.

Poppy Anggraeni, & Aulia Akbar. (2013). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/12197/9465

RA. Pratama. 2018. Pengaruh Metode Pelatihan Dan Materi Pelatihan Terhadap

Kemampuan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap PT

Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri). Jurnal

Administrasi Bisnis. 62(2). 3-4.

Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi Jurnal Diklat

Teknis.

(1). 100-111.

Setiawan, Vikry dan Rahmat Hidayat. 2015. Pengaruh Metode Pelatihan Terhadap

Kompetensi Karyawan Ndt (Non Destructive Test) Pada Pt Xyz. Jurnal

Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 3 (2). 143.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas Punaji

Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas

Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 Creating The

Effective And The Quality Of The Learning. 1(5), 20–30.

Simbolon, D. H., & Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar

Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21 (3). 299-315.

Suhanji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1), 1–

Sulistyanto, H. (2017). Pakom Pelatihan Pengoperasian Komputer Bagi Perangkat. 111–

Sumardiono. 2014. Apa Itu Homeschooling: 35 Gagasan Pendidikan Berbasis Keluarga.

Panda Media: Jakarta

Sutrisno, E., Sumber Daya, M., & Manusia. (2011). Harsono, Etnografi Pendidikan sebagai

Desain Penelitian Kualitatf. In Pengembangan Sumber Daya Manusia (pp. 40–43).

Ghalia Indonesia.

https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21413231052.pdf

Swasto, Bambang. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pengaruhnya Terhadap

Kinerja Karyawan dan Imbalan). Malang: Bayumedia.

Syahrowiyah, T. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Motivasi dan

Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. STUDIA

DIDKATIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 10 (2). 1-18.

Waluyo, Y. T., & Desamawati, L. (2015). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi

Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Andragogi di Rutan Banjarnegara.

Journal of Non Formal Education and Community Empoerment. 4 (1). 71-78.

Zuraida Usman Bany, Sunnati, W. D. (2014). Perbandingan Efektifitas Penyuluhan

Metode Ceramah Dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi

Dan Mulut Siswa SD. 6(1), 661–666


Refbacks

  • There are currently no refbacks.