Pentingkah Ekstrakurikuler di Taman Kanak-kanak?

Elis Solihati, Resna Rosmayanti, Mubiar Agustin, Rudianto Rudianto

Abstract


Tulisan ini akan menggambarkan terkait pandangan tentang sebuah pertanyaan pentingkah kegiatan ekstrakurikuler di taman kanak-kanak. Kontradiksi dari jawaban pertanyaan tersebut terjadi di lapangan bahwa orang tua merasa cukup atas proses pendidikan di jam pembelajaran, dan ada pula orang tua yang berupaya memasukkan anaknya ke les atau mendesak sekolah agar mengadakan ekstrakurikuler pasca pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif melibatkan 5 orang guru taman kanak-kanak di berbagai daerah, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Bandung, dan Depok, kemudian 5 orang tua yang memiliki anak usia TK melalui wawancara via telepon terkait pandangan guru tentang pentingkah kegiatan ekstrakurikuler di taman kanak-kanak. Diperoleh hasil 100% guru mengemukakan jawaban penting sebagai pengembangan minat bakat anak. Di sisi lain, 60% orang tua yang mengemukakan penting, sedangkan 40% lainnya berpandangan kurang begitu penting

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler

Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.

https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

Azizi, N. N. (2020). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Melalui

Ekstrakurikuler Kriya Di Paud Islam Makarima Pada Tahun 2020/2021. IAIN

Surakarta.

Davidson, M., Khmelkov, V., Baker, K., & Lickona, T. (2011). Values education : The

Power Achieve approach for building sustainability and enduring impact.

International Journal of Educational Research, 50(3), 190–197.

https://doi.org/10.1016/j.ijer.2011.07.006

Fahyuni, E. farryatul, & Istikomah. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam

Interaksi Edukatif. Nizamia Learning Center.

http://eprints.umsida.ac.id/738/2/PSIKOLOGI BLJR-NEW BOOK.pdf

Hasanah, U. (2017). Permainan Tradisional sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler untuk

Meningkatkan Kompetensi Sosial Siswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian

Psikologi, 2(1), 83–110. https://doi.org/10.33367/psi.v2i1.346

Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler

untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa

Kerjasama Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1,

–7.

Kenanga, F. (2014). Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal

Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 132–139.

Lailiyah, I. (2019). Pembelajaran Ekstrakurikuler Kaligrafi terhadap Motorik Halus Anak

Usia Dini di RA PSM Kanigoro Kras Kediri.

Maghfiroh, Z. D., & Khotimah, N. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler

Komputer Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak

Kelompok A Di TK Plus Assalam Sidoarjo. Jurnal PAUD Teratai, 9(2), 1–18.

Mahmudah, A., & Rohmah, U. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan

Musikal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband Di TK

Muslimat NU 001 Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1),

–26. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2133

Mayar, F., Winarti, & Febrisia, T. (2019). Manajemen Program Pengembangan Kreatifitas

Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Pendidikan Tambusai, 3, 1397–

Pratiwi, A. (2016). Penerapan Ekstrakulikuler Menggambar Dalam Meningkatkan Seni

Dan Kreativitas Pada Pendidikan Anak Usia Dini Taman Pena Kuala 2 Kabupaten

Kubu Raya. 1 dan 4.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Journal Manajemen

Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.

Putri, O. N. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Tari dalam Mengembangkan Kecerdasan

Kinestetik Siswa di MI Baitul Qur’an Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Ramdhania, A., & Windarsih, C. A. (2020). Penerapan Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis

Ekologi Menuju Sekolah Hijau Pada Lembaga Paud. CERIA (Cerdas Energik

Responsif Inovatif Adaptif), 3(Vol 3, No 4 (2020): Volume 3 Nomor 4, Juli 2020),

–306. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4271

Rizqina, A. L. (2020). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PADA PESERTA DIDIK

DI PAUD IT ALHAMDULILLAH YOGYAKARTA. Ejournal, Cakrawla: Studi

Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 116–128.

Sejati, I. R. H. (2018). Pembelajaran Bina Vokalia Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Di

PAUD Terpadu Satya Wacana Children Center Salatiga. Jurnal Seni Musik, 7(2),

–5. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/29453

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (7th ed.). PT. Indeks.

Trisnantari, H. E. (2018). Pemberdayaan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di

Kecamatan Kedungwaru Dalam Membentuk Karakter Anak Yang Kreatif. JADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 1–9.

https://doi.org/10.29100/J-ADIMAS.V2I1.295

Yuliani, A. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sains Dalam Mengembangkan

Kemampuan Sains Anak Usia Dini Di PAUD Islam Makarima Kartasuratahun

Pelajaran 2019/2020. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.