Teknologi Pembelajaran dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal

Devi Merina Tuz Sa’diyah, Supriyono Supriyono, Hardika Hardika

Abstract


Teknologi pembelajaran merupakan sebuah jembatan untuk memfasilitasi serta mengembangkan proses pembelajaran dengan memaksimalkan sistem belajar yang menarik dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Pendidikan nonformal sebagai ranah pendidikan yang ramah kepada kebutuhan masyarakat sangat perlu memaksimalkan teknologi pembelajaran, demi memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar masyarakat dan membuka wawasan masyarakat terhadap perkembangan teknologi yang ada sehingga masyarakat dapat mengenal, menggunakan, memaksimalkan bahkan mengembangkan teknologi pembelajaran tersebut.

Full Text:

PDF

References


Achyanadia, Septy. 2016. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas

SDM.” 5(1):11–21.

Fitriyadi, Herry. 2013. “Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan :

Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi

Implementasi Dan Pengembangan Profesional.” Pendidikan Teknologi Kejuruan

(3):269–84.

Hanum, Fathia Fairuza, and Suprayekti. 2019. “Penerapan Teknologi Pendidikan Di

Lembaga Pendidikan Nonformal.” JIV-Jurnal Ilmiah Visi 14(1):1–16. doi:

21009/jiv.1401.1.

Hidayat, Dayat. 2016. “Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil

Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang.” Journal of Nonformal

Education 2(1). doi: 10.15294/jne.v2i1.5309.

Husaini, M. 2014. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan (e-Learning).”

Jurnal Mikrotik 2(1). doi: 10.31219/osf.io/ycfa2.

Ilma, Naufal. 2015. “Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter

Bangsa.” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Sultan Amai

Gorontalo 3(1):82–87.

Kuntoro, Sodiq A. 2006. “Pendidikan Nonformal Bagi Pengembangan Sosial.” Jurnal

Ilmiah VISI PTK-PNF 1(20):14–18.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” Jurnal

Pendidikan Agama Islam 2(2):94–100.

Rahma, Rezka Arina, Ellyn Sugeng Desyanty, and Sri Wahyuni. 2019. “The Role of

Community Learning Center (CLC) in Providing Nonformal Education Services

Based on Entrepreneurship.” Journal of Nonformal Education 5(2):109–16. doi:

15294/jne.v5i2.19759.

Sudarsana, I. Ketut. 2016. “Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning:

Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan Di

Indonesia).” Jurnal Penjaminan Mutu 2(2):44. doi: 10.25078/jpm.v2i2.71.

Sufyan, Anis, Khomsun Nurhalim, and Imam Shofwan. 2019. “Learning Management of

Nonformal Education Units in Sanggar Kegiatan Belajar.” Journal of Nonformal

Education 5(1):57–66. doi: 10.15294/jne.v5i1.18335.

Sunarti, Vevi. 2014. “Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi

Bencana.” Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 2(2). doi:

24036/spektrumpls.v2i2.5044.

Susanti, Rani. 2013. “Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi

Pendidikan.” Jurnal Teknologi Pendidikan 2(2):15–23.

Susanti, Sani. 2003. “Meningkatkan EFektivitas Pendidikan Nonformal Dalam

Pengembangan Kualitas SDM.” 9–19.

Wright, Gloria. 2011. “Student-Centered Learning in Higher Education.” International

Journal of Teaching and Learning in Higher Education 23 (3):92–97. doi:

4324/9781315559605.

Yaumi, Muhammad. 2016. “Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan

Historis.” Terminologi Teknologi Pembelajaran: Suatu Tinjauan Historis V:191–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.