Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital untuk Meningkatkan Efektivitas dan Kualitas pada Sektor Pendidikan Nonformal dan Informal

Sri Rahayu

Abstract


Implementasi dan inovasi teknologi pembelajaran hendaknya memperhatikan urgensi kebutuhan masyarakat, desain program pendidikan yang tepat, dan menetapkan tindak lanjut program yang ditetapkan. Inovasi teknologi pembelajaran yang ada di lembaga pendidikan non formal maupun informal dapat mengorganisasikan secara digital struktur maupun regulasi pada lembaga. Peran teknologi dan media untuk pembelajaran khususnya pada lembaga pendidikan nonformal maupun informal ialah dapat membangun networking dalam komunikasi kolaboratif antara peserta didik, fasilitator, maupun sumber belajar.

Full Text:

PDF

References


Dede, D., & Ahmad. 2019. Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan

Multimedia Genggam Si Dio (Camtasia Studio) Berbasis Android Bagi Tutor

PKBM di Kabupaten Kuningan,” Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, no. 2, pp.

-132.

Hanum, F.F., 2019. Penerapan Teknologi Pendidikan di Lembaga Pendidikan

NonFormal,” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, no. 14, pp. 12,

Maria, N & Suhanadji., 2020. Novia, Maria, dan Suhanadji, “Gambaran Kebutuhan

Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid19,” Jurnal Pendidikan Nonformal, no. 1, pp. 42-43

Miarso, Y., 2013. Y. Miarso, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,” Prenadamedia

Group, no. 5, pp. 56, 2013.

Ulfa, S., 2014. Mobile Seamless Learning Sebagai Model Pembelajaran Masa Depan,

Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, no. 1, pp. 15

Yaumi, M., 2018. Media Teknologi Pembelajaran,”Prenadamedia Group, no. 1, pp. 3 dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.