Problematika Kualitas Pendidik dan Pengelola Lembaga PAUD

Ardian Bagus, Ari Dwi, Rana Indah, Silvia Lia, Wikan Cahyo, Ach Rasyad

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah kegiatan belajar mengajar anak yang didapatkan sedari dini hingga usianya menginjak enam tahun, serta dalam prosesnya dilakukan dengan memberikan stimulus pendidikan. Hal ini akan membantu untuk terus mengembangkan pribadi mereka sebelum akhirnya melanjutkan ke tingkat pendidikan selanjutnya yang lebih tinggi. Namun dalam implikasi manajemen PAUD masih ditemukan beberapa problematika yang kerap dihadapi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui problematika lembaga paud yakni tentang masalah sumber daya pengelola, sarana prasarana, dan kualitas pengajar. Problematika pengajar terletak pada masih rendahnya kualitas sumber daya pengelola dan kualiatas pengajar yang tidak sesuai dengan peraturan yang ditetapkan

Full Text:

PDF

References


Aida Dwi Rhmawati. (2017). Konsep Pendidik dan Peserta Didik Menurut Pemikiran

Abuddin Nata dan Relevansinya terhadap Praktek Pendidikan Islam. Skripsi.

Anamara, Maria Goreti V. "Evaluasi program implementasi standar PAUD." Jurnal

Pendidikan Usia Dini 8.2 (2014): 301-314.

Aulia, Lutfiati. "Problematika Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD

Amanah Desa Ngijo Kecamatan Karang Ploso Kabupaten Malang." SKRIPSI

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM (2009).

Ariyanti, Tatik. "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak

The Importance Of Childhood Education For Child Development." Dinamika Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar 8.1 (2016).

Ashadi, Firman. "Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Anak

Usia Dini." Jurnal Pembelajaran Fisika 4.5 (2016): 717-729.

Asiah, Siti Nor. "Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF

di Kutai Kartanegara." Syamil : Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic

Education) 6.1 (2018).

Christianti, Martha. "Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan

Anak 1.1 (2012).

Daulay, Musnar Indra. "Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan Lembaga

PAUD di TK Qurrota Ayun Pekanbaru." KINDERGARTEN: Journal of Islamic

Early Childhood Education 1.1 (2018): 21-38.

Deswita, Huda, Achmad Fadlan. Problematik Guru PAUDStudi Kasus Di Taman Kanakkanak Rizani Putra Mendalo Indah Kabupaten Muaro Jambi. Diss. UIN Sulthan

Thaha Saifuddin Jambi, 2019.

Farida, Siti. "Pengelolaan pembelajaran PAUD." Wacana Didaktika 5.02 (2017): 189-200.

Fatmawati, Nur, Andi Mappincara, and Sitti Habibah. "Pemanfaatan Dan Pemeliharaan

Sarana Dan Prasarana Pendidikan." PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan,

Keguruan, dan Pembelajaran 3.2 (2019): 115-121.

Hani, Alya Amarul. "Evaluasi pembelajaran pada PAUD". Jurnal Care (Children Advisory

Research and Education) 7.1 (2019): 51-56.

Lupi Nawang Zetya Nuriyas. "Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga

Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang." Jurnal PG-PAUD

Trunojoyo.4.1 (2017): 1-81.

Hodijah, Cucu. Upaya pengelola dalam membangun lembaga PAUD yang berkarakter.

Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

Nurhamidah, Nurhafizah. "Profesionalisme Guru PAUD di Era Digital." Jurnal

Pendidikan Tambusai 3.1 (2019): 666-675.

Purnamasari, Widi Widiyawati. "Studi Perbandingan Pengembangan Layanan Paud Di

Kecamatan Brebes Dan Di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes." Indonesian

Journal Of Early Childhood Education Studies 2.2 (2013).

Ramadhani, R., & Nopriansyah, U. (2019). Manajemen Berbasis Keluarga Dalam

Pengelolaan PAUD. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 32-

Risma, Devi, Yeni Solfiah, and Defni Satria. "Pengembangan Media Edukasi Perlindungan

Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini 4.1 (2019): 448-462.

Rohmat. "Manajemen Pendidikan anak usia dini." Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan

Anak 12.2 (2017): 299-325.

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan pembelajaran paud dalam

mengembangkan potensi anak usia dini. JMKSP (Jurnal Manajemen,

Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76-86.

Saepudin, Asep. "Problematika Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia." Cakrawala

Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1 (2013).

Sopian, Ahmad. "Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan." Raudhah Proud To

Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1.1 (2016): 88-97.

Suharti, S. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka

Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan

PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). Tadbir: Jurnal Studi Manajemen

Pendidikan, 2(1), 51-70.

Suryana, Dadan, and Nelti Rizka. "Manajemen pendidikan anak usia dini berbasis

akreditasi lembaga." (2019): 1-346.

Susan, Eri. "Manajemen sumber daya manusia." Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam 9.2 (2019): 952-962.

Ulfah, Maulidya. "Upaya Menrancang PAUD Di Masa Depan Untuk Mengatasi

Problematika yang Kompleks." AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 2.2 (2016).

Yusutria. "Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan

Profesionalitas Guru." Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3.1 (2019).

Zaini, Ahmad. "Bermain sebagai metode pembelajaran bagi anak usia dini." Jurnal

Thufula 3.3 (2015): 130-131.

Zaenab, Siti. Manajemen sumber daya manusia pada pendidikan anak usia dini (studi

multikasus pada tiga PAUD di Kota Mataram). Diss. Universitas Negeri Malang,

Zulkarnain, Ali Iskandar, Gito Supriadi, and Saudah Saudah. "Problematika Lembaga

PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi." Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 14-25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.