Kajian Konseptual PTM Terbatas dengan PJJ di Lembaga PAUD

Rahmah Dwi Sistiarini, M. Ishaq, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Artikel ini memaparkan kajian konseptual isi jurnal dari berbagai hasil penelitian yang dikhususkan pada penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di lembaga PAUD. Pada artikel ini akan menggunakan rancangan metode literature review dari artikel yang dianalisis kurang lebih sekitar 25 yang berfokus pada PTM terbatas dan PJJ untuk penelitian yang selanjutnya. Artikel ini akan membahas berdasarkan ruang lingkup dan konsep dari PTM terbatas dan PJJ di lembaga PAUD. Hasil dari kajian konsep dari berbagai jurnal bahwa pembelajaran tatap muka terbatas adalah kegiatan pembelajaran yang paling efektif karena terjadinya pembelajaran antara pendidik dan peserta didik secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan

Full Text:

PDF

References


A.P.S., Munro, and Faust S.N. 2020. “Addendum to: Children Are Not COVID-19 Super

Spreaders: Time to Go Back to School.” Archives of Disease in Childhood

(May):2020–21. doi: 10.1101/2020.04.1.

Ayoub, Nafiz, Ali Ahmad, and Abdelrahim M. Zabadi. 2020. “Transition to Online

Education in Palestinian Kindergartens During the Coronavirus ( COVID-19 )

Pandemic : Al - Ameen Kindergarten as a Case Study.” American Journal of

Educational Research 8(8):600–608. doi: 10.12691/education-8-8-13.

Duran, Munise. 2021. “Reflection of Covid-19 Pandemic on the Drawings of Pre-School

Children: A Phenomenological Study.” African Educational Research A 9(1):86–99.

doi: 10.30918/aerj.91.20.223.

Engzell, Per, Arun Frey, and Mark Verhagen. 2021. “Learning Loss Due to School

Closures during the COVID-19 Pandemic.”

Ihsan, Dian. 2021.“Mendikbud: Sekolah Tatap Muka Tidak Bisa Digantikan.”

Kemdikbud. 2020. “Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035.” Kemdikbud 1–74.

Kemendikbud. 2020. “Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona

Virus Disease (Covid-19).” Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “SE NOMOR 4 TAHUN 2020 Tentang

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.”

–3.

Mardi Fitri, Aninditya Sri Nugrahen. 2020. “Manajemen Sekolah Dalam

Mengembangkan Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi

Covid-19.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan 2(2):87–92.

Melnick, Hanna, Linda Darling-Hammond, M. Leung, C. Yun, A. Schachner, S.

Plasencia, and N. Ondrasek. 2020. “Reopening Schools in the Context of COVID19: Health and Safety Guidelines from Other Countries.” Learning Policy Institute

(May):1–13.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri

Dalam Negeri. 1981. “Keputusan Bersama Menteri Tentang Panduan

Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19.” Journal of Chemical

Information and Modeling 53(9):1–27.

Mu’min, Sitti Aisyah. 2013. “Jean Piaget Cognitive Development Teory.” Jurnal AlTa’dib Vol 6 No 1 Januari-Juni 2013 6(1):89–99.

Nurdin, Nurdin, and Laode Anhusadar. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik

PAUD Di Tengah Pandemi Covid 19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini 5(1):686. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.699.

Rachmi, Titi, and Aqidatul Nabilah. 2021. “Analisi Kompensi Pedagogik Guru Taman

Kanak-Kanak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Covid-19.” Ceria:

Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 9(2):1. doi:

31000/ceria.v13i2.4010.

Raharja, Reza Mauldy, Rr Dina, Kusuma Wardhani, and Laily Rosidah. 2021. “Kinerja

Guru PAUD Di Kota Serang Pada Masa Pandemi.” (1):13–22.

Ratu, Dian, Ayu Uswatun, and Hascaryo Pramudibyanto. 2020. “Pendidikan Dalam Masa

Pandemi Covid-19.” Jurnal Sinestesia 10(1):41–48.

RI, KEPPRES. 2020. “KEPPRES REPUBLIK INDONESIA NOMOR 11 TAHUN 2O2O

TENTANG PENETAPAN KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT

CORONA VIRUS DISEASE 2Ot9 (COVID- 19) DENGAN.” Penetapan

Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (031003).

Rice, Ketra L., Gabrielle F. Miller, Fátima Coronado, and Martin I. Meltzer. 2020.

“Estimated Resource Costs for Implementation of CDC’s Recommended COVID19 Mitigation Strategies in Pre-Kindergarten through Grade 12 Public Schools —

United States, 2020–21 School Year.” MMWR. Morbidity and Mortality Weekly

Report 69(50):1917–21. doi: 10.15585/mmwr.mm6950e1.

Salehudin, Mohammad, Sri Yatun, Denok Lailatin Komariah, Nur Eka, and Rizky

Aminda. 2020. “Persepsi Guru Dalam Implementasi Holistik Integratif Pendidikan

Anak Usia Dini Pada Kondisi New Normal.” Jurnal Golden Age 4(02):394–406.

doi: 10.29408/jga.v4i02.2767.

SESJEN. 2020. “Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 Tahun 2020.” Surat (09):1–12.

Shaleh, Muh, and Laode Anhusadar. 2021. “Kesiapan Lembaga PAUD Dalam

Pembelajaran Tatap Muka Pada New Normal.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini 5(2):2158–67. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1139.

Sidqi, Nasya Auliarahma, and Pipin Auliya. 2021. “Analisis Kesiapan Guru Dalam

Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19.” Literasi : Jurnal Kajian Keislaman MultiPerspektif 1(1):137–58. doi: 10.22515/literasi.v1i1.3261.

Spiteri, Jane. 2020. “Assessing the Usefulness of Outdoor Learning in the Early Years

during the COVID-19 Pandemic in Malta.” Malta Review of Educational Research

(2):141–61.

Stamatis, Panagiotis J. 2021. “Impact of COVID-19 on Teaching and Classroom

Management: Thoughts Based on Current Situation and the Role of

Communication.” European Journal of Education and Pedagogy 2(1):57–63. doi:

24018/ejedu.2021.2.1.48.

Sudrajat, Jajat. 2020. “Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset

Ekonomi Dan Bisnis 13(1):100–110.

Suhendro, Eko. 2020. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa

Pandemi Covid-19.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

(September):133–40.

Telaumbanua, Dalinama. 2020. “Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan

Covid-19 Di Indonesia.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama

(01):59–70. doi: 10.37680/qalamuna.v12i01.290.

Tirajoh, Carissa V, Herdy Munayang, and Bernabas H. R. Kairupan. 2021. “Dampak

Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid Di Masa Pandemi

Covid-19.” Jurnal Biomedik 13(1):49–57.

Toquero, Cathy Mae. 2020. “Challenges and Opportunities for Higher Education amid

the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context.” Pedagogical Research

(4):em0063. doi: 10.29333/pr/7947.

WHO. 2021. “Third Meeting of the Technical Advisory Group on Safe Schooling During

the COVID-19 Pandemic.” REIONAL OFFICE FOR EUROPE (January).

Widyanto, I. Putu, and Endah Tri Wahyuni. 2020. “Menejemen Proses Pembelajaran

Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19.” Jurnal Satya Sastraharing 04(02):16–35.

WIJOYO, HADION, and IRJUS INDRAWAN. 2020. “Model Pembelajaran

Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau.” JS (Jurnal Sekolah)

Universitas Negeri Medan 4(3):205–12. doi: https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526.

Yudi Firmansyah, and Fani Kardina. 2020. “Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi

Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik.” Buana Ilmu 4(2):99–

doi: 10.36805/bi.v4i2.1107


Refbacks

  • There are currently no refbacks.