Penerapan Pendidikan Responsif Gender Melalui Bahan Ajar Buku Dongeng Dan Poster Dalam Mendukung Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Pos PAUD Pelangi Kota Malang

Kenni Samitra, Endang Sri Redjeki, Rezka Arina Rahma

Abstract


Penelitian ini menyajikan berbagai macam telaah secara mendalam mengenai penerapan pendidikan responsif gender di POS PAUD Pelangi Kota Malang secara umum dan juga menampilkan hasil dari penerapan pendidikan responsif gender melalui bahan ajar buku dongeng dan poster dalam mendukung perkembanga kognitif anak usia dini secara lebih spesifik dan lebih mendalam lagi dengan mengambarkan berbagai macam paparan seperti kronologis atau tahapan penerapan pendidikan responsif gender, manfaat pendidikan responsif gender serta konsep. Hasil penelitian penerapan pendidikan responsif gender di POS PAUD Pelangi Kota Malang yaitu ada beberapa penerapan pendidikan responsif gender dilaksanakan di POS PAUD Pelangi yaitu, pertama, penerapan pendidikan responsif gender dengan cara melakukan kegiatan yang membantu menumbuhkan sifat responsif gender anak dimana contoh kegiatanya yaitu kegiatan upacara pagi bisa dipimpin oleh peserta didik laki-laki dan juga perempuan kegiatan ini mampu membangkitan atau memupuk mentalitas dan emosonal anak untuk menjadi seorang pemimpin. Kedua, yaitu penerapan dengan cara memberikan materi yang salah satunya berupa cerita dongeng dan juga poster, contoh gambar dan cerita dari posterdan dongeng tersebut yaitu pemain sepak bola perempuan dan juga cerita ratu lebah yang dimana mengajarkan anak untuk mengerti terhadap tanggung jawab dan juga peran. Pendidikan reponsif gender mampu membantu mengasah kognitif anak terhadap konsep gender yang bermanfaat bagi lingkungan sosialnya

Full Text:

PDF

References


Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Ralibi, Imam Maliki. (2008).FunTeaching.Cikarang: DuhaKhazanah.

Rizawayani, Sri Adelila Sari & Rina Safitri. (2017) .Pengembangan Media Poster Pada

Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan 127-133

Sugiyono. (2010).Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Metode

PenelitianBandung: Alfabet.

Suciati, Sri. 2004. “Kesetaraan Gender dalam Pendidikan. Suara Merdeka.

Yusuf, LN, Syamsu, 2012, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Bandung: Remaja

Roesdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.