Problematika Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kota Ambon Dalam Pembelajaran Masa Pandemi covid-19

Jenri Ambarita, Ica Purnamasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAUD Kota Ambon di tengah wabah virus corna. 2) Problematika pembelajaran yang dialami oleh guru PAUD Kota Ambon di tengah wabah corona; dan 3) Untuk mengetahui solusi-solusi apa yang dilakukan oleh guru PAUD dalam mengatasi segala permasalahan yang terjadi. Penelitian merupakan deskriptif kualitatif dengan melibatkan 19 orang guru PAUD yang mewakili 5 kecamatan di Kota Ambon. Untuk mengumpulkan data penulis menyebar kusioner online kepada informan dan melakukan wawancara mendalam melalui sambungan telepon untuk memperoleh data yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pembelajaran yang diterapkan di masa covid-19 sangat beragam, yaitu: online, penugasan dan tatap muka melalui kunjungan kerumah peserta didik.2) Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru PAUD yaitu sarana prasarana pendukung yang terbatas, baik dari pahak guru maupun orang tua peserta didik, pemahaman ICT guru PAUD yang terbatas dan kesejahteraan guru PAUD menjadi salah satu faktor penghambat. 3) Bentuk upaya yang dilakukan oleh guru PAUD adalah membuat materi pembelajaran dalam bentuk copy, Mengunjungi peserta didik, Membangun hubungan relasi dan komunikasi yang baik melalui dengan orang tua, aktif mengikuti pelatihan online dan belajar dari internet agar mampu menciptakan pembelajaran yang menarik

Full Text:

PDF

References


Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajarandaring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK

Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 414–421.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.

Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2).

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Giovani Dio Prasasti. (2020). UNESCO: Penutupan Sekolah Akibat COVID-19

Berdampak pada 290 Juta Pelajar di Dunia. Liputan 6.Com.

https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibatcovid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia

HE Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam

Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Ika Nurul Khasanah. (2019). Penerapan Bermain Balok Untuk Meningkatkan

Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di Raudlatul Athfal Al-Hikmah Sengon

Ika. Jurnal Dewantara, 53(9), 1689–1699.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Indonesia, M. P. dan K. R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2o2o Tentang

Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro

Naviru S D/Sease (Covid- 1 9). 300.

Kasih, A. P. (2020). Survei UNICEF: 66 Persen Siswa Mengaku Tak Nyaman Belajar di

Rumah. Kompas.Com.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/06/24/090832371/survei-unicef-66-persensiswa-mengaku-tak-nyaman-belajar-di-rumah

Lu, R., Zhao, X., Li, J., Niu, P., Yang, B., Wu, H., Wang, W., Song, H., Huang, B., Zhu,

N., Bi, Y., Ma, X., Zhan, F., Wang, L., Hu, T., Zhou, H., Hu, Z., Zhou, W., Zhao,

L., … Tan, W. (2020). Genomic characterisation and epidemiology of 2019 novel

coronavirus: implications for virus origins and receptor binding. The Lancet,

(10224), 565–574. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30251-8

Mardiana, S., & Abd, Q. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Penemuan

Terbimbing ‘Transgeo’ Pada Materi Translasi Untuk Siswa Kelas Xi. 6(1).

Mefta, L. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan,

Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui

Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222

Permendikbud. (2014). Permendikbud No. 129 Tahun 2014. 2013–2015.

Prabawati, P. E., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2018). Pengaruh Puzzle Geomewa

Terhadap Kemampuan Dan Minat Anak Dalam Mengenal Bentuk Geometri Pada

Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Ba`Aisyiyah Ronowijayan.Universitas

Muhammadiyah Ponorogo, 2(2018), 70–80. https://www.researchgate.net

Pujiasih, E., & Bantul, S. M. A. N. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi

Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Building a Golden Generation By

Applying Various Online Learning in the Pandemic of Covid-19. Jurnal Karya

Ilmiah Guru, 5(1), 42–48.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.

Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sholihun, M., Setiadi, G., & Yuwita, N. (2020). Evolusi penggunaan media sosial di smp

bhinneka tunggal ika pasuruan sebagai sarana alternatif pembelajaran di rumah. 1.

Undang-undang RI Nomor 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Acta Pædiatrica, 71, 6–6.

https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.