Implementasi Langkah Evaluasi Model CIPPO Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan

Divya Shinta Laurienza Divya Shinta Laurienza, Jaduk Dananjaya Jaduk Dananjaya, Nabila Diny Arifah Nabila Diny Arifah, Silvia Lia Handoyo Silvia Lia Handoyo, Ach. Rasyad Ach. Rasyad

Abstract


Artikel ini akan membahas terkait dengan implementasi kegiatan evaluasi terhadap salah satu dari satuan program pendidikan diluar jalur formal (nonformal) yakni pada lembaga kursus dan pelatihan yang dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk pendidikan yang terbuka untuk masyarakat, untuk mencetak human resources yang memiliki jiwa terampil serta berkompeten ketika memasuki dunia kerja. Dalam pelaksanaan program, diperlukan adanya evaluasi. Kegiatan evaluasi diadakan untuk memperbaiki, memberhentikan, atau menyempurnakan suatu program kedepannya. Salah satu model evaluasi yang diimplementasikan pada artikel ini adalah model evaluasi CIPPO yang meliputi konteks, masukan, proses, produk, dan keluaran. Kata kunci: lembaga kursus dan pelatihan, evaluasi, model CIPPO

Full Text:

PDF

References


Abbas, Muh Afran Anugrah, et al. “Peranan Lapangan Perlembagaan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Dian Ayu di Kabupaten Sidereng Rappang.” Jurnal Edukasi Nonformal 1.1 (2020): 122-138. Amri, R., & Kurniawan, D. (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Program Menjahit di Kabupaten Bandung Barat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 139-152.

Ardiena, Shefira Bella. Implemnetasi Evaluasi Program Kursus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Melalui Citra Ilmu Kabupaten Semarang. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2016. Arikunto, Suharsimi, dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pelatihan, Pedoman Teoritis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pelatihan, Jakarta: Bumi Aksara, (2014). Darodjat, D., and W. Wahyudhiana. "Model evaluasi program pendidikan." Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam (2015): 1-23. Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 158-165. Erwianti, A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Kecakapan Hidup pada Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9(2), 65-74. Faiq, A. "Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dian Gitaya." Jurnal Pendidikan Teknik Boga 6.4 (2017). Hadi, Samsul. "Evaluasi implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) program otomotif DIY." Jurnal Pendidikan Vokasi 2.2 (2012). Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1-9. Herwina, W. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Pembinaan Pelatihan Ketertampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Yuwita Tasikmalaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment. 1(1). 75-86. Indah, Parasmita. Pengelolaan Program Kursus dan Pelatihan untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik di SKB Purwokerto. Diss. IAIN Purwokerto, 2021. Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6-13. Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, 5(2), 179-194. Mania, S., & Hasaruddin, H. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Character Building Training di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1-20. Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta'dib, 6(1). Maruwae, F., Duludu, U. A., & Rahmat, A. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menjahit Di LKP Tri Nur. Jambura Journal Community Empowerment, 50-60. Muryadi, Agustanico Dwi. "Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi." Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran) 3.1 (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2013 yang diakses pada tanggal 23 Februari 2020 dari permen_tahun2013_nomor81 (jakarta.go.id). Sari, Ratih Permata. "Evaluasi Kinerja Program Indonesia Pintar Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kecamatan Blimbing Kota Malang Dengan Model CIPPO." Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran 2.1 (2020): 1-18.

Sembiring, V. A., & Cholid, S. (2017). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PERKOTAAN (STUDI PADA LEMBAGA KURSUS TATA RIAS DI TANGERANG SELATAN). Journal of Social Welfare, 17(1). Sintiawati, Rani, Basuki Wibawa, dan Jenny Sista Siregar. “Evaluasi Program Kursus Ketrampilan di Lembaga Kursus Pelatihan Karya Jelita Kota Bandung, Jawa Barat (Penerapan Model Evaluasi CIPPO).” Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 3.2 (2018). Sucipto, Nindri Rakhmadani, and Joko Sutarto. "Pemberdayaan Masyarakat Miskin untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Melalui Kursus Menjahit di LKP Elisa Tegal." Journal of Nonformal Education and Community Empowerment 4.2 (2015). Sujanto, A. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Melalui Akreditasi. INFOKAM, 15(2). Sujanto, Alex. "Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Penjaminan Mutu LKP." Infokam 12.2 (2016). Susilawati, S., & Zulfiati, Z. (2016). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Karawang (Penerapan Model Evaluasi CIPPO). JPTV (Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional), 2(1), 38-45. Widiastuti, Novi. “Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang.” Comm-Edu (Community Education Journal) 1.2 (2018) : 30-35. Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238. Wikanah, Does Ichwani Tri. Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kualitas di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama Kota Semarang. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014. Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.