Pengembangan Media Pembelajaran dan Tata Laksana Diklat

Nurmala Arfany Arista Nurmala Arfany Arista, Kholifah Nur’aini Kholifah Nur’aini, Ferrea Dzihniaqila F. I Ferrea Dzihniaqila F. I, Sikkya Demitha Ruky Sikkya Demitha Ruky, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Perkembangan zaman selalu memunculkan isu-isu baru di bidang pendidikan, khususnya pada bisang teknologi. Hal ini menyebabkan pendidikan harus berjalan dinamis mengikuti arus ini sehingga menciptakan peradaban pendidikan yang maju. Pengembangan dalam media pembelajaran menjadi upaya dalam mewujudkan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dan penerapan keilmuan terbaru. Dalam proses pembelajaran diklat, tata laksana menjadi dasar yang penting dalam penyelenggaraannya. Tata laksana menjadi prosedur dan langkah yang baik guna terciptanya program yang berjalan dengan lancer dan semestinya.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Tata Laksana, Diklat


Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Abizar, H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Modul pada Mata Diklat Pengukuran di SMK. Jurnal Taman Vokasi Vol 3 no 2. Aini, R. N. (2018). Training Needs Assessment Dalam Rangka Merumuskan Materi Pelatihan Yang Sesuai Bagi Kebutuhan Anggota (Studi Kasus Pada Koperasi Serba Usaha “Cilengkrang”, Cibiru, Bandung) (Doctoral dissertation, Institut Manajemen Koperasi Indonesia). Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167. Anjana, N., & Agung, Y. A. (2013). Pengembangan Media Presentasi Teknik Digital Sebagai Penunjang Mata Diklat Teknik Mikroprosesor untuk SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3). Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1-13. Busiri, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(3/JKPTB/15). Duludu, U. A. (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran pls. Deepublish Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara. Cet. I. Jakarta. Heinich, D. R. Molenda., dan E Smaldino. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Ilmawan, M., & Nanang, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). Irianto, J. (2001). Prinsip-prinsip dasar manajemen pelatihan. Surabaya: Insan Cendekia. Kamilati, N. (2018). Analisis Komponen Penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru. Edukasi, 16(1), 294547. Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Kemp, J. E. (1985). dan Dayton, DK. Planning and Producing Instructional Media. Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media. Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25 Lasminto, W., & Arsana, I. M. (2013). Pengembangan Media Trainer Sistem Pengapian CDI Untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Mata Diklat Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian Siswa Kelas XII TSM di SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(01), 24-33.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34. Mu'izz, M. (2017). Implementasi pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi guru di Mts Negeri 2 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Nadeak, B. (2019). Buku Materi Pembelajaran Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. Purwanti, B. (2015). Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1). Rusadi, S., & Cepi, R. (2007). Media pembelajaran. Sudjana, N., & Rivai, A. (1990). Media Pengajaran: penggunaan dan pembuatannya. CV Sinar Baru, Bandung. Sukoco, S., Sutiman, S., & Wakid, M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk peserta didik mata pelajaran teknik kendaraan ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 215-226. Supriyadi, A., & Suratmoko, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning bagi Pengajar di Lembaga Pendidikan Luar Sekolah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 140-145. Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima. Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(1), 100-111. Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.