Eksistensi Metode Pembelajaran dan Model Kepemimpinan Sebagai Desain Pelaksanaan Pelatihan

Andia Saskia Evita Cahyani, Maya Evelyn Saptarina, Muhammad Ibnu Sobahinur, Naninda Fitriani Naninda Fitriani, Sopingi Sopingi

Abstract


Peningkatan keterampilan untuk penguasaan tertentu salah satunya dapat dilaksanakan dengan mengikuti sebuah pelatihan. Pelatihan menjadi proses pembinaan atau pengembangan guna mengembangkan mutu sumber daya manusia dengan kegiatan yang sudah terorganisir juga sistematis dalam jangka waktu tertentu. Keberhasilan kegiatan pelatihan dapat dipengaruhi oleh berbagai bidang seperti metode pebelajaran dan model kepemimpinan. Dalam penentuan metode pembelajaran pada kegiatan pelatihan haruslah memperhatikan banyak aspek agar metode yang digunakan selaras dengan kebutuhan peserta pelatihan. Model kepemimpinan juga dapat mempengaruhi jalannya proses pelatihan. Gaya pemimpin pada kegiatan pelatihan menjadi tolak ukur dalam hasil kebjiakan dan keputusan yang akan diterapkan.
Kata Kunci: metode pembelajaran, model kepemimpinan, pelatihan


Full Text:

PDF

References


Blegur, J., Wasak, M. P., & Manu, L. (2017). Penilaian Formatif Peserta Didik atas Kompetensi Pendidik dalam Proses Pembelajaran. Satya Widya, XXXIII(2), 117127. Danim, S., & Suparno, D. (2009). Manajemen dan kepemimpinan transformasional kekepalasekolahan: visi dan strategi sukses era teknologi, situasi krisis, dan internasionalisasi pendidikan. Rineka Cipta. Deswita. (n.d.). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SAINS MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN 202/I KEMBANG SERI KECAMATAN MARO SEBO ULU. Dimas, A. (2008). Hubungan Gaya Kepemimpinan Partisipatif dengan Motivasi Kerja Karyawan pada Area Pelayanan dan Jaringan PT. PLN (Persero) Distribusi Banten. Bandung: Universitas Islam Bandung. Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, I(1), 33-42. Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran di Indonesia. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), I(3), 88-93. Gunawan, I., Benty, D. N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., . . . Hui, L. K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial, Efikasi Diri, dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), IV(2), 126-150. Hariyanto, E., Purnomo, R., & Bawono, I. R. (2011). Desain Pelatihan, Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Self-Efficacy sebagai Faktor Penentu Keefektifan Transfer Pelatihan. Jurnal Siasat Bisnis, XV(2), 213-227. Jejen, L. (2020). PERAN GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Manajemen dan Bisnis, I(2), 13-23. Kamil, M. (2007). Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Nonformal dalam Membangun Kemandirian Warga Belajar. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, II(2), 11-20. Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). METODE CERAMAH PLUS DISKUSI DAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA . AlAulad: Journal of Islamic Primary Education, I(2), 65-76. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, XI(1), 9-16.

Nasution, W. N. (2015). Kepemipminan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, XXII(1), 66-86. Nurhayati, W., & Herminingsih, A. (2016). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, II(3), 777-788. Ony, J. G., & Rinamurti, M. (2018). KEPEMIMPINAN OTOKRATIS DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA PADA PERUSAHAAN BERBASIS KELUARGA (STUDI PADA BISNIS KULINER KHAS PALEMBANG). Seminar Nasional dan Call for Paper: Manajemen, Akuntansi dan Perbankkan, I(1), 196-208. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. Riggio, R. E., & Bass, B. M. (2006). Transformational leadership. Rofiq, M. A., & Yusuf, A. (2017). Model Kepemimpinan Lembaga dalam Mengelola Program (Studi pada LKP Jenggala Course Jepara). Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), II(1), 48-55. Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia. Satriani. (2018). INOVASI PENDIDIKAN: METODE PEMBELAJARAN MONOTON KE PEMBELAJARAN VARIATIF (METODE CERAMAH PLUS). Jurnal Ilmiah Iqra', X(1), 47-54. Sela, J., Lengkong, V. P., & Trang, I. (2018). Pengaruh Kompetensi dan Desain Pelatihan Terhadap Efektivitas Pelatihan Guru SMA/SMK/MA Manado pada Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, VI(4), 2368-2377. Shalahuddin. (2015). KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL . Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, VI, 44-53. Sudrino, H., & Utama, M. S. (2017). GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN BUDAYA ORGANISASI BIROKRATIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (BPLH) KABUPATEN MAJALENGKA. MAKSI Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, IV(1), 25-35. Sugandhi, D. P. (2016). PEMANFAATAN HASIL BELAJAR PADA PELATIHAN KETERAMPILAN MEKANIK OTOMOTIF (Studi Kasus Pada Lulusan Lembaga Pendidikan Keterampilan Pelita Massa). Bandung: UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Sugino, Miyono, N., & Retnaningdyastuti. (2017). GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN SANGGAR BUDAYA SATRIA WONOSOBO. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), VI(1), 47-62. Syadzili, M. R. (2018). Model Kepemimpin dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, IV(2), 127-136. Syamsidar, & Yustikarini, L. (2019). KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, XII(1), 975-988. Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran. SUHUF, XXX(1), 35-56. Usman, H. (2015). Model Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXIV(3), 322-333. Wahyudi, B. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.

Wedi, A. (2017). KONSEP DAN MASALAH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran . Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, I(1), 21-28. Zulaikhah. (2017). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYATHUL ATHFAL BATANGHARI LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Lampung: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.