Metode dan Teknik Diklat Dalam Pembelajaran

Imron Rosady Imron Rosady, Muhammad Fahrudin Yusuf, Putri Shavira Putri Shavira, Windy Angelicha H. M, Kukuh Miroso Raharjo Kukuh Miroso Raharjo

Abstract


Diklat dalam pelaksanaannya terdapat proses pembelajaran yang meliputi metode dan teknik. Metode dan teknik merupakan aspek penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam suatu pelatihan atau diklat karena didalamnya terdapat perencanaan yang harus dipikirkan secara matang sehingga pelaksanaan diklat diterapkan sesuai dengan identifikasi yang sebelumnya telah dilakukan dan dapat segera menentukan metode dan teknik setelahnya, dengan begitu pelatihan atau diklat yang diselenggarakan pada peserta pelatihan atau diklat akan sesuai dan berhasil. Identifikasi sebelum menentukan metode dan teknik yang akan digunakan dalam proses pembelajaran diklat merupakan langkah awal yang cepat karena setiap metode dan teknik mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam penerapannya.
Kata kunci: pembelajaran diklat, metode, teknik


Full Text:

PDF

References


Amaddin, dkk. 2015. Pendidikan dan Pelatihan TOT dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Widyaiswara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Administrative Reform, Vol. 3, No.1 Arifin dan Nurhadi. 2019. Pendekatan Metode dan Teknik Diklat bagi Pendidik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al-Fikrah Vol. 2 No. 2. Dartha. 2010. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Sekretariat Daerah Kota Malang. Jurnal Modernisasi, Vol. 6, No. 2. Hidayat dan Nurasyiah. 2017. Pengaruh Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, Vol. 6, No. 1. Irianto. 2017. Prinsip-prinsip Dasar Manajemen Pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Koton. 2015. Metode Pembelajaan Diskusi dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Diklat. Jurnal Ilmu Administrasi, Vol. 4, No. 2. Labahi. 2019. Penerapan Metode “Brainstorming” pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren Kabupaten Pangkep. Jurnal Ecosystem, Vol. 19, No. 1. Latuconsina, Z. 2014. Afirmasi kebijakan pemerintah dalam fasilitasi kerja bagi penyandang disabilitas. Pandecta Research Law Journal, 9(2), 207-215. Lucas, Bill and Spencer, Ellen. 2015. Remaking Apprenticeships Powerful Learning for Work and Life, The City and Guilds Of London Institute. Martharini. 2014. Analisis Pembelajaran Training pada Lembaga At West Outbound Training Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Masrur, 2017. Pelaksanaan pelatihan program diklat di tempat kerja dan reguler di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. Mukti, G. W. 2017. Peningkatan Nilai Tambah Limbah Kulit Mangga Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Dan Manisan Kulit Mangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). N.A Hasan. 2018. Pendidikan dan Pelatihan sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pustakawan. Jurnal Libria, Vol. 10, No. 1. Palupi, dkk. 2017. Efektivitas Pelaksanaan Program Dinamika Kelompok pada Diklat Fungsional Auditor. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 No. 1. R.A Haryati. 2019. Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta, Vol. 3, No. 1.roh Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 49-54.

Ragawanti, E. 2018. Pengaruh On the Job Training dan Off the Job Training terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PR. Sejahtera Abadi). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–9. Richard, D. 2012. The Richard Review of Apprenticeships. London: Departement for Business, Innovation and Skills. Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Rohmah, N. F. 2018. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11. Rosyidi. 2017. Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Jurnal Diklat Teknis, Vol. 5, No. 1. Sa'pang, A. W., & Purbojo, R. (2020). Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan Abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 7(2), 192-211. Santoso. 2010. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Terangi. Saputra, A. n. d. 2018. Pengaruh On the Job Training dan Off the Job Training. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 62(2), 190–197., 62 No 1(0), 190–197. Setyawan, E. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Word 2007 Untuk Menyajikan Informasi melalui Metode Simulasi pada Siswa Kelas Viii B Semester 1 Smp Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2017/2018. Journal Edunomika, 2(0), 118–128.

Sulaeman, E. S., Murti, B., & Waryana, W. (2015). Peran Kepemimpinan, Modal Sosial, Akses Informasi serta Petugas dan Fasilitator Kesehatan dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 9(4), 353-361. Tunsiah. 2017. Evaluasi Peran Komite Penjamin Mutu (KPM) dalam Manajemen Kualitas Mutu Penyelenggaraan Diklat Prajabatan dan Kepemimpinan. Jurnal Analisis Kebijakan, Vol. 1, No. 2. Turere. 2013. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013. Widianto. 2018. Pola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Vol. 3, No. 1. Yulianti, E. 2015. Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan grand fatma hotel di tenggarong kutai kartanegara. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 900–910.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.