Literatur Review: Manajemen Pelatihan Dalam Menciptakan Life Skills di Lembaga Kursus dan Pelatihan

Fionita Anggraini Fionita Anggraini, Nila Izzul Muna Nila Izzul Muna, Palupi Rimba Ardiasih, Sastia Rizky Handayani, Sri Wahyuni Sri Wahyuni

Abstract


Kajian literatur ini bertujuan untuk menganalisis konsep manajamen pelatihan dalam meningkatkan life skills di lembaga kursus dan pelatihan. Konsep manajemen diartikan sebagai kegiatan mengelola lembaga kursus dan pelatihan untuk mencapai tujuan dengan optimal. Sedangkan pelatihan merupakan kegiatan memberikan suatu keterampilan kepada orang lain sehingga pekerjaan terselesaikan tepat waktu. Manajemen pelatihan adalah suatu kegiatan pengadminitrasian Lembaga sehingga tercapai tujuan Lembaga baik jangka pendek maupun jangka Panjang. Manajemen pelatihan sangat diperlukan guna mencapai suatu tujuan dari kegiatan pelatihan tersebut. Salah satu tujuan pelatihan adalah mengoptimalkan life skills individu. Life skills dapat dioptimalkan dengan baik karena adanya suatu manajemen pelatihan yang baik pula.

Kata Kunci: pelatihan, manajemen pelatihan, life skills


Full Text:

PDF

References


N. Andzarini, & J. Sutarto, “Manajemen Pelatihan Operator Komputer Tingkat Lanjutan”, Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2), 2020. [2] W. B. Sulfemi, ”Modul Manajemen Pendidikan Non Formal”, 2019. [3] D. Mulyono, “Menegaskan Karakter Pendidikan Nonformal”, Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 2012. [4] J. Irianto, “Prinsip-prinsip dasar manajemen pelatihan”, Surabaya: Insan Cendekia, 2001. [5] D. P. Ramadhany, "Manajemen Pelatihan Tata Rias Pengantin Dalam Upaya Menumbuhkan Kemandirian Peserta Didik di Lembaga Kursus Kharisma, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto", J+ PLUS UNESA, 9(2), 2020. [6] F. Hanrahmawan, "Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar)", Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 78-94, 2012.

P. B. Rajagukguk, A. M. Sibuea, & J. Situmorang, “Pengembangan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Life skills (Life Skills) Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp)”, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(2), 155-168, 2019.

S. Marwiyah, “Konsep pendidikan berbasis life skills ”. Jurnal Falasifa, 3(1), 7597, 2012. [9] S. Herlinda, S. Hidayat, and I. Djumena, “Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Life skills Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan,” J. Nonform. Educ. Community Empower., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2017. [10] A. N. Widi & S. B. Bachtiar, "Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil", Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), Vol. 2, No. 2, 2017. [11] Y. Sudaryat, “Manajemen Pelatihan”, Artikel. Diunduh di http://file. upi. edu/Direktori/FPBS/JUR._Pend._Bahasa_Daerah/196302101987031yayat_Sudary at/Mkl_Bind/Manajemen_Pelatihan, 2010. [12] Heru Setiawan, “Manajemen Pelatihan”, Jurnal Aktualitas, Vol 9, Edisi 1, 2018 [13] D. Kurniadi, & J. Irianto, “Prinsip-Prinsip Dasar Manajemen Pelatihan”, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2007. [14] Joko Ahmad S, “Efektivitas manajemen Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru”, Jurnal dministrasi Pendidikan, Vol XXII, No 2, 2015. [15] Fitri Wulandari, “Manajemen Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur”, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2015 [16] M. Rachman, M. Masrukhi, A. Munandar, & A. Suhardiyanto, “Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berlokus Padepokan Karakter”, Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 2017. [17] S. S. A. Cahyani, A. Timan, & S. Sulton, “Manajemen Pelatihan Kewirausahaan Bagi Peserta Didik Di Kampoeng Kidz”, JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 1-9, 2019. [18] D. E. N. Jannah, “Manajemen Pelatihan Di Lembaga ‘Cristal Indonesia Manajemen,’” Univ. Negeri Yogyakarta, p. 182, 2015. [19] Eka Widiasih, Dr. Tri Suminar. M. P, “Monitoring dan Evaluasi Program Pelatihan Batik Brebesan (Studi di Mitra Batik Desa Bentar Kabupaten Brebes)”, Monitoring Dan Evaluasi Program Pelatihan Batik Brebesan (Studi Di Mitra Batik Desa Bentar Kabupaten Brebes), 1(1), 94,2015. [20] A. Sujanto, “Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Melalui Akreditasi”, INFOKAM, 15(2), 2019. [21] F. Nugraheni, & L. Desmawati, “Manajemen Program Kursus Tata Rias Pengantin Solo Putri Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Widya Semarang”, Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 37-49, 2020. [22] R. Koswara, “Manajemen pelatihan life skill dalam upaya pemberdayaan santri di pondok pesantren”, EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 37-50, 2014. [23] B. Trisnawati, S. Sudadio, & A. Fauzi, “Peningkatan Life Skills Warga Belajar melalui Kursus Komputer di PKBM Cipta Cendekia Kota Tangerang”, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 176-185, 2017. [24] S. Oktarina, E. Ernawati, & W. Nelmira, “Pengelolaan Lembaga Kursus Pelatihan Bordir Di Kota Solok (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Pelatihan Bordir Muslimah Group)”, E-Journal Home Economic and Tourism, 11(1), 2016. [25] B. Nadeak, Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. 2019. [26] M. Bliss, “Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,” J. Psikol. Ind., vol. 12, no. 4, pp. 187–188, 2013. [27] I. Nuraeni, “Pengertian Manajemen Pelatihan,” Modul Pelatih., no. 3, pp. 1–32, 2000.

M. Kamil, “Model Model Pelatihan,” Univ. Pendidik. Indones., 2003. [29] E. Santosa, “Pengembangan Model Pembelajaran Kursus Kewirausahaan Melalui Kerja Sama Dunia Usaha Dan Dunia Industri Yuriani , Marwanti , Kokom Komariah , Prihastuti Ekawatiningsih , DEVELOPMENT OF ENTREPRENEURSHIP COURSE MODEL THROUGH,” J. Kependidikan, vol. 42, no. 3, pp. 46–53, 2012. [30] R. N. Priago, “Pengelolaan Lembaga Kursus (Lpk) Chinju Dalam Menyelenggarakan Kursus Bahasa Korea Di Kota Bengkulu,” Univ. Bengkulu, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.