Kurikulum Program Pelatihan dan Pendidikan

Dina Ardiah Dina Ardiah, Faizah Faizah, Zahwa Aulia Zein, Kukuh Miroso Raharjo

Abstract


Dalam lingkup pendidikan dan pelatihan dibutuhkan suatu kurikulum yang akan membantu dalam mencapai tujuan pendidikan. Program diklat yang dilaksanakan memberikan penyesuaian seperti menyusun kurikulum dengan tujuan dan harapan yang ditetapkan. Kurikulum mencakup wilayah yang luas, yaitu suatu program pendidikan dalam jalur pendidikan, program pelatihan dan dapat juga menyangkut lingkup tidak luas, seperti program pengajaran mata pelajaran, begitu pula dengan pelatihan. Kurikulum yang dibentuk akan diterapkan selama pelaksanakan pendidikan dan pelatihan sehingga memiliki peran penting. Kurikulum merupakan komponen penting yang acapkali terbengkalai dalam pendidikan.

Kata kunci: Pelatihan, Diklat, Kurikulum


Full Text:

PDF

References


Abdul, Rohman. 2015. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Semarang: Karya Abadi Jaya. Amri, Sofan dkk. 2011. Konstruksi Pengeambangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya. Arifin, Z., 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Atmodiwiro, Soebagio. 2005. Manajemen Pelatihan. Jakarta: Ardadizya Jaya. Baharun, H. 2017. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-Langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: Cantrik Pustaka. Daryanto dan Bintaro. 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta: Gava Media. Hamanik, O. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI. Hamanik, O., 2011. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara. Junaidi, Aris. dkk. PANDUAN: Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019 Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kristanto, B., & Adi, P. Pembuatan Kurikulum Pelatihan untuk Management trainee di PT X. Jurnal Titra, 5(2), 311-314. 2017. LAN, 2015. Pedoman Akreditasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah, Indonesia. Nuriyanti, Rofikha. 2018. Desain Evaluasi Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) (Studi Kasus di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Probolinggo). Oktari, Y. Saptiana. Upaya Peningkatan Mutu Latihan Melalui Analisis Kebutuhan Diklat: Sebuah Studi Literatur. Jurnal AgriWidya Vol. 1 No.1. Hal. 143 – 158. 2020. Rosidah. Manajemen Diklat dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Pegawai Publik. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS Vol.2 No.1. Hal. 21-31.2008. Sudrajat, Djajat. Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah Berbasis Kompetensi Pegawai. Jurnal Good Governance 15(2). 2019. Suyitno, Teguh. 2019. Upaya Peningkatan Mutu Diklat Melalui Kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) dalam https://bkpsdm.bulelengkab.go.id/artikel/upaya-peningkatan-mutudiklat-melalui-kegiatan-analisis-kebutuhan-diklat-akd-21 diakses pada 2 Maret 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.