Strategi Penyelenggaraan Diklat: Tahapan dan Pengorganisasianya di PKBM Setia Mandiri Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang
Abstract
PKBM dikenal sebagai Lembaga Pendidikan kesetaraan yang merupakan salah satu cabang pendidikan yang berperan sebagai lembaga kemasyarakatan yang berfokus pada pengembangan potensi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Pendekatan yang diterapkan pada PKBM salah satunya adalah pendidikan dan pelatihan (diklat) agar Sumber Daya Manusia bisa dimanfaatkan dengan maksimal dan mampu mengeksplorasi kemampuannya. Pelaksanaan diklat di PKBM Setia Mandiri di Kabupaten Malang menitik beratkan kepada peserta sebagai bentuk pelatihan agar masyarakat. Setelah pelaksanaan diklat juga dilakukan evaluasi yang mana digunakan sebagai bentuk penilaian dari akhir kegiatan diklat, serta penilaian terhadap adakah perubahan-perubahan yang terjadi setelah dilakukan diklat.
Kata Kunci: Strategi, Pengorganisasian, Diklat, PKBM Setia Mandiri
Full Text:
PDFReferences
Alyani, N. (2010). Manajemen Diklat Peternak (Suatu Studi Tentang Manajemen Diklat Teknologi Pengolahan Susu Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Peternak Pada Balai Pelatihan Peternakan Cikole Lembang). In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 7, No. 1). Efendi,Kartika Yuli.2017. Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihandi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Dan Kependudukanpemerintah Propinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume X, Nomor 2. Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yogyakarta: Bpfe-Ugm. Hanggraeni, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Indonesia Publishing. Hasibuan,Kasihati Julianty.2012.Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Balai Diklat Keagamaan Medan.Jurnal Tabularsa Pps Unimed.Volume 2, Nomor 9. Hermawan, Y Dan Suryono Y. 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Volume 3 Nomor 1. Indonesia, Undang-Undang S
Hidayat & Nurasyiah.2017. Pengaruh Diklat (Pendidikan Dan Pelatihan) Terhadapprestasi Kerja Karyawan Di Bank Bpr Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos Volume 6, Nomor 1. Isjuandi & Sutisna.2017. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat(Studi Evaluatif Model Cippo Pasca Pendidikan Dan Pelatihan).Jurnal Evaluasi Pendidikan.Volume 8,Nomor 2. Iskandar,Azwar.2019. Evaluasi Diklat Asn Model Kirkpatrick (Studi Kasus Pelatihaneffective Negotiation Skill Balai Diklat Keuangan Makassar. Jurnal Pendidikan. Volume 20, Nomor 1. Ittihad, I. (2016). Manajemen Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud (Kegiatan Swadaya Bekerjasama Dengan Skb Dan Himpaudi Kecamatan Aikmel). Palapa, 4(2), 104-119. Julifan, J. A. (2015). Efektivitas Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Bagi Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2). Krisnawati,Natalia Anita.2013. Optimalisasi Penyelenggaraan Diklat Aparatur Pada Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur.Jurnal Paradigma. Volume 2,Nomor 1. Lestari, A. P. K., & Ulfatin, N. Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Berjenjang Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud. Manusia, P. K. S. D. (2015). Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Kependidikan, 14(1), 37-44. Ngindana, R., & Hermawan, R. (2019). Analisis Kebutuhan Diklat Pegawai Negeri Sipil Berbasis Kesenjangan Kerja Unit Kerja Di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (Jisop), 1(1), 1-11. Rahmawati,Agustina. 2017. Efektivitas Program Penyelenggaraan Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Manajemen Publikdan Kebijakan Sosial.Volume 1,Nomor 2. Ramadhani, R. (2020). Analisis Instrumen Diagnosis Kesehatan Pengorganisasian Sumber Daya Di Lembaga Diklat. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 180-184. Ridwan, I. (2017, May). Eksistensi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Pembangunan Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip (Vol. 1, No. 2). Rosidah.2008. Manajemen Diklat Dalam Upaya Optimalisasi Kinerja Pegawai Publik.Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Pns.Volume 2, Nomor 1. Rosyidi, A. M. (2017). Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 5(1), 100-111. Saleh, M. H. (2017). Pengembangan Manajemen Diklat Di Bp2ip Surabaya. Jurnal 7 Samudra, 2(1), 39-48. Samto.2007. Perencanaan Diklat Bagi Ptk-Pnf. Jurnal Ilmiah Visi Ptk-Pnf.Volume 2, Nomor 1. Sofiyandi, H. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sujatmiati & Widiastuti.2014. Evaluasi Program Diklat Pada Badan Pendidikan Danpelatihan Provinsi Daerah Istimewayogyakarta Tahun 2010. Jurnal Riset Manajemen Volume 1,Nomor 1. Suryadi Ace, 2009 Mewujudkan Masyarakat Pembelajar : Konsep,Kebijakan Dan Implementasi, Jakarta : Widya Aksara Press Suryono, Yoyon. 2014. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Yogyakarta: Uny Press. Unesco. 2
Susanti, S. (2014). Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2). Tampubolon, H. (2014). Efektivitas Pengelolaan Diklat Pada Pusat Pendidikan Dan Latihan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Bkkbn. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 177-193. Tunggal, Amin Widjaja. 1993. Manajemen: Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta. Zahrulianingdyah, A. (2014). Model Pengorganisasian Pendidikan & Latihan (Diklat) Gizi Berbasis Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.