Web Based Application MOOCs (Massive Online Open Courses) Sebagai Platform Pengembangan Diri Melalui Pendidikan Non Formal dan Informal di Kalangan Mahasiswa

Arasy Raihanah Safitri

Abstract


Tujuan artikel ini ditulis yaitu untuk menyadarkan serta mengembangkan teknologi pembelajaran pendidikan non formal sebagai pengembangan sumber daya manusia, salah satu targetnya adalah SDM yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Dengan menggunakan pendidikan non formal dan informal sebagai praktik pengembangan kapasitas diri mahasiswa, artikel ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kinerja mahasiswa praktisi maupun akademisi, untuk meningkatkan kapasitas dirinya terutama di bidang kemampuan abad 21. Artikel ini juga akan mengulas literatur tentang kursus terbuka online besar-besaran serta manfaat dan tantangan kursus ini dalam pendidikan non formal dan informal. Keefektifan MOOCs dalam kursus terbuka online publik bagi mahasiswa perguruan tinggi diharapkan akan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka serta menguasai masingmasing bidangnya.
Kata Kunci: teknologi pembelajaran, massive open online courses (moocs), kursus online,


Full Text:

PDF

References


A. Anders, “Theories and Applications of Massive Online Open Courses (MOOCs) The Case for Hybrid Design,” The International Review of Research in Open and Distributed Learning, vol. 16, no. 6, 2015. A. Anderson, D. Huttenlocher, J. Kleinberg, and J. Leskovec, “Engaging with massive online courses,” Proceedings of the 23rd international conference on World wide web - WWW '14, 2014. A. Tripon, “Innovative Technology for Sustainable Development of Human Resource Using Non-formal and Informal Education,” Procedia Technology, vol. 12, pp. 598–603, 2014. D. R. Evans, “Technology in Nonformal Education: A Critical Appraisal,” Comparative Education Review, vol. 20, no. 3, pp. 305–327, 1976. L. Bagbekova, “Opportunities of massive open online courses,” European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, vol. 7, no. 12, 2014 M. Oliver, “Learning technology: Theorising the tools we study,” British Journal of Educational Technology, vol. 44, no. 1, pp. 31–43, 2012. M. Pienimäki, M. Kinnula, and N. Iivari, “Finding fun in non-formal technology education,” International Journal of Child-Computer Interaction, vol. 29, p. 100283, 2021. N. Cowie and K. Sakui, “Enhancing student retention rates on open non-formal online language learning courses,” Pacific Journal of Technology Enhanced Learning, vol. 1, no. 1, pp. 15–24, 2019. R. P. Barger, “Democratization of Education through Massive Open Online Courses in Asia,” IAFOR Journal of Education, vol. 8, no. 2, pp. 29–46, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.