Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Diklat Dan Tata Laksana Diklat

Aprilia Regita Pramestya Putri, Erliya Cahyani Lania Sari, Mutiara Lavida Ilma Nafiah, Naili Muhibbatin Ni'matul Maula, Umi Dayati Umi Dayati, Ica Purnamasari Ica Purnamasari6

Abstract


Diklat atau pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan pemahaman baru sesuai dengan kebutuhan individu.Untuk mengoptimalkan kegiatan diklat atau pelatihan yang dilaksanakan perlu adanya sebuah media pembelajaran, karena media pembelajaran berperan penting dalam kegiatan diklat atau pelatihan yaitu sebagai perantara menyampaikan tujuan maupun materi. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dan mendorong proses kegiatan diklat agar lebih efektif dan efisien dalam penyampaiannya. Dalam hal ini, perlu adanya tata laksana diklat terlebih dahulu pada proses pembelajaran yang meliputi beberapa tahapan seperti: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan, tahap evaluasi. Sehingga proses kegiatan pembelajaran pada lembaga diklat berjalan sesuai dengan tujuan.
Kata kunci: media pembelajaran diklat, tata laksana diklat


Full Text:

PDF

References


Alwi, S. 2017. Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167. Andrew E, Sikula. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Erlangga. Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. 2018.Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1-13. Basri, H dan H. A. Rusdiana.2015. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia. Dartha, I. K. (2010).Pengaruh pendidikan dan pelatihan (DIKLAT) terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada sekretariat daerah Kota Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 6(2), 140 Fahmi, F. H. (2015). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Terhadap Prestasi Kerja (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan). Jurnal Administrasi Publik, 3(11), 1809-1813. Hanafi, A., S. Umar dan D. Suratman. 2011. Pengembangan Media Powerpoint untuk Perolehan Diklat Materi Standar Nasional Pendidikan lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah. 1 (1): 1-10. Hasibuan, J. K. 2012. Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Balai Diklat Keagamaan Medan.Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 9 (2): 215-228. Hidayat dan Nurasyiah. 2017. Pengaruh diklat (Pendidikan dan Pelatihan) terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 6 (1): 71-82. Ishaq, M dkk. (2015¬).Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan.Jurnal Pendidikan Nonformal.10 (1). 1-13 Iwantara, I. W. (2019). Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Pada Balai Diklat Keagamaan Denpasar Tahun 2018. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 3(2), 189-204. Manurung, S., & Napitupulu, E. (2014).Strategi Pelatihan dan Tipe Kepribadian terhadap Hasil Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengenalan Pemanfaatan TIK.Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2).60. Mashoedah. (2015). Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatohan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.Jurnal Electronics, Informatics and Vocational Education (ELINFO).1 (1). 17-25 Miyarso, E. (2017). Menyiapkan Ruang Pembelajaran Diklat. Nuraeni, I. Pengertian Manajemen Pelatihan. Nuraisyah, H. 2017. Pengaruh Diklat (Pendidikan Dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 71-82. Nurdin, N. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Teknisi, Sarana Prasarana Diklat, Dan Pelayanan Terhadap Capaian Program Diklat. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 271-280. Padilah, I. P dan Y, Suryana.2016. Manajemen Pendidikan dan pelatihan teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru di Balai Diklat Keagamaan.Jurnal Islamic Education Manajemen. 1 (1): 55-66. Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2014).Model evaluasi kesuksesan dan penerimaan sistem informasi e-learning pada lembaga diklat pemerintah. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 13-27.

Ralf P.Lynton & Udai Pareek. 1992. Seri Manajemen No.101, Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja, PT Pustaja Binaman Prasindo, Jakarta. Riskiawan, H. Y., Setyohadi, D. P. S., & Arfianto, A. S. 2016.Pelatihan Dan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru Sma. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). Rohani R. 2019. Media pembelajaran Sinamora, Henry. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Tiga. Penerbit: STIE YKPN Yogyakarta. Siregar, E. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pendidikan dan pelatihan (Diklat) dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM). Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(2), 153-166. Soenarko, Bambang dkk. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Memanfaatkan Bahan Bekas untuk Guru Sekolah Dasar pada Anggota Gugus 2 Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS. 1 (2). 96-106 Suharsono, Naswan dkk. (2019). Pengembangan E-Learning sebagai Perangkat Blended Learning untuk Pelaksanaaan Diklat Penyusunan Bahan Ajar di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Denpasar.Jurnal Tekhnologi Pembelajaran Indonesia.9 (1). 1-12 Sultoni, S. (2020). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR MELALUI DIKLAT MANAGEMENT OF TRAINING (MOT) BPSDM PROVINSI JAMBI. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(3), 201-215. Widianto, Edi. (2018). Pola Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan di Balai Diklat Keuangan Kota Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal kajian Teori dan Praktik Kependidikan. 3 (1). 40-49 Yuniarti, Niar. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran pada Diklat Fungsional Guru Muda Madrasah Ibtidaiyah Angkatan IV di Balai Diklat Keagamaan Bandung Tahun 2018. Jurnal Diklat Keagamaan. 12 (34): 222-230. Yunus, R. (2018). Teori Belajar Sibernetik dan Implementasinya dalam Pelaksanaan Diklat.Journal of Education Science, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.