Analisis Kebutuhan dalam Mencapai Program Strategi Diklat

Annisa Nur Sasami, Erza Fitri Rizkia, Fitriana Kusuma Dewi, Shindy Aura Intan Cahyani, Moh. Ishom Moh. Ishom

Abstract


Analisis kebutuhan dalam diklat ialah bentuk kegiatan yang mempunyai sifat berkelanjutan pada penghimpunan data yang digunakan dalam menganalisis kebutuhan yang dibutuhkan dan kebutuhan di kegiatan tersebut sehingga tujuan diklat dapat tercapai. Secara konseptual program pelatihan dan pengembangan terdiri dari tiga proses tahapan: a) training needs analysis (tahap analisis kebutuhan pelatihan); b) tahap implementasi pelatihan; dan c) tahap evaluasi pelatihan. Dalam pelaksanaan analisis kebutuhan diklat dapat menghasilkan tujuan dan manfaat apabila dianalisis dengan baik. Analisis kebutuhan diklat bisa dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu task analysis dan person performance analysis. Hasil dari analisis tersebut akan dijadikan penentu prioritas dalam kebutuhan diklat.
Kata Kunci: perencanaan, kebutuhan diklat, skala prioritas.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid. 2019. Menuju Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bermutu dengan Analisis Kebutuhan Diklat. Jurnal Widyaborneo. Volume 1. Abidin, Zaenal. 2007. Analisis Kebutuhan Pembelajaran DanAnalisis Pembelajaran Dalam DesainSistem Pembelajaran. Suhuf, Vol. 19, No. 1. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/902. Adman. 2006. Analisa Kebutuhan Pelatihan Pegawai Pada Prodi Manajemen Perkantoran UPI. Ajrina. Erni Yuningsih. Jurnal Visionida.Analisis Kebutuhan Pelatihan Departemen Quality Assurance dan Departemen Enginneering PT Milko Beverage Industry, Bogor.Vol 2 No 2. Desember 2016. Alam, S. (2011). Analisis Kebutuhan Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam Rangka Meningkatkan Professionalisme Guru Sekolah Dasar di Kab. Maros. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Ampera Matippanna. 2020. Manajemen Resiko pada Analisis Kebutuhan Diklat dalam Perencanaan Diklat ASN. Jurnal Sipatokkong. Volume 1. Anwar, Kurnia. 2010. “IPS Terpadu SMP Kelas VIII”. Yudhistira: Jakarta.

Ardiansyah, M. Al Musadieq, Ika Ruhana, 2014. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja. Vol. 9 No. 1 April 2014 Cartwright, R. (2003). Implementing a Training and Development Strategy. Magdalen Road UK: Capstone Publishing Limited. Dytta Fazrina. 2016. Pemanfaatan Hasil belajar pada Pelatihan Keterampilan Mekanik Otomotif. Daryanto, Bintoro, 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta : Gava Media. Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan terpadu: Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Bumi Aksara. Hartina Batoa & Putu Arimbawa. 2012. Analisis Kebutuhan Pelatihan penyuluh pertanian di Kecamatan Ranomeeto Barat Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Agriplus. Volume 22. No.2. Haryono, A. 2004. Analisis Kebutuhan Pelatihan Atau Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media. Imas. D.A., Johar .P., Liah S.S. 2019. Analisis kebutuhan pelatihan Kewirausahaan; Sebuah upaya pengembangan kemandirian ekonomi bagi penyandang disabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan. I Wayan Iwantara. 2019. Analisis Kebutuhan Diklat Pada Balai Diklat Keagamaan Denpasar Tahun 2018. Jurnal Edu Trained Volume 3. Marpaung, Dr, MSc., 1999. Training Need Assesment (TNA), LAN RI, Jakarta. Megalia, R., & Syamsudin, A. (2013). Manajemen Peningkatan Kompetensi Aparatur (Studi Tentang Implementasi Kebijakan Reformasi Sumber Daya Kediklatan Pada Badan Diklat Kementerian Dalam Negeri RI). Administrasi Pendidikan, 17(1), 1. Moh. Entang, dkk., 2009. Analisis Kebutuhan Pelatihan, Bahan Ajar MOT). Piter Joko Nugroho. 2017. Analisis Kebutuhan Model Pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil. Jurnal Ilm Pendidikan. Jilid 23 No. 2. Provinsi Sumatera Barat Gov. (2015). Pedoman Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan. Sumbarprov.Go.Id, 2–27. http://www.sumbarprov.go.id/images/1448880758-Pedoman Penyusunan AKD.pdf Rabial Kanada. 2015. Analisis kebutuhan pelatihan In-House Training. Jurnal el-ldare. Volume 1 No. 2 Rae, L. (2000). Effective Planning in Training and Development. London: Kogan Page. Rahyasih. 2020. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan;Sebuah analisis kebutuhan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 20 No. 1 Rispa Ngindana & Romy Hermawan. 2019 Analisis Kebutuhan Diklat Pegawai Negeri Sipil berbasis Kesenjangan kerja unit di Lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 1 No. 1 Sastradipoera, K. (2006). Pengembangan dan Pelatihan; Suatu Pendekatan Menejemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Kappa-Sigma Sumantri, S. (2000). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Syaihol Amin. 2020. Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI dan Budi Pekerti. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Vincent, P. Costa dkk, (2000), Panduan Pelatihan Untuk Pengembangan Sekolah, Jakarta: Depdiknas. Wina Sanjaya, M.Pd. 2008. Perencanaan dan desain system pembelajaran, Jakarta.kencana group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.