Perencanaan Kurikulum Yang Berkualitas Bagi Lembaga Diklat

Adewida Athalla Putri, Alissa Cahyaningtyas, Khofifah Rizqy Novianti, Shafryani Faridatu Nurmadina, Yosephine Jayasaputri, Moh. Ishom Moh. Ishom

Abstract


Kurikulum diklat merupakan seperangkat rencana dalam membantu dan melaksanakan suatu program pendidikan dan pelatihan. Kurikulum pada diklat dirancang dan disusun sebagai acuan dalam penyelenggaraan program berdasarkan pada prinsip – prinsip pengembangan dan pelaksanaan kurikulum. Kurikulum diklat dirancang dengan tujuan dapat memberikan perubahan bagi para pesertanya. Pada kurikulum diklat terdapat komponen yang mendukung seperti: SDM (sumber daya manusia), kurikulum diklat, pengelolaan pada diklat, sarana dan prasarana, lingkungan yang mendukung dalam penyelenggaraan diklat. Dengan mengacu pada kurikulum diklat yang berkualitas diharapkan dalam pelaksanaannya peserta didik memperoleh manfaat, sehingga memudahkan peserta didik dalam merancang dan mengembangkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki.

Kata Kunci: Kurikulum, Diklat, Komponen


Full Text:

PDF

References


Abu Samman Lubis. (2020). Merancang Kurikulum Diklat Yang Berkualitas,” Makalah Balai Diklat Adicahya. Yini. (2020) “Optimalisasi Fungsi Perencanaan Pada Program Pendidikan Dan Pelatihan Tenaga Kagamaan Di Balai Diklat Keagamaan Bandung,” Jurnal Manajemen Dakwah, Vol 5, No 3, Hal 263-284. Ajeng, A. (2015). “Penyelenggaraan Program Pendidikan Dan Pelatihan Pemantapan Pendamping Kelompok Usaha Bersama (Kube) Di Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta,” Skripsi, Yogyakarta: Fip Universitas Negeri Yogyakarta. Bachri Bachtiar Sjaiful, Widi Asih Nurhajati. (2017). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi Dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (Pns),” Volume II, Nomer 2, Tahun 2017.

Bahrissalim, Dkk. (2018). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Di Balai Diklat Keagamaan Jakarta,” Volume 13. No 1.Februari 2018. Basuki, Agung. (2014). Peningkatan Profesionalisme Pengelola Pendidikan Dan Pelatihan Guna Menghasilkan Output Yang Kompeten Dan Professional, Jurnal Lingkar Widyaswara. Vol 1, No.1 Hal 58-61. Budiati, Lilin. (2015). Diklat Kepemimpinan Pola Baru Dalam Perspektif Inovasi dan Pembelajaran Konstruktivistik," Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota 11.2 211221. Djadjat Sudraja, “Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Pengelolaan Barang Dudung Abdulah Pasteur, “Efektivitas Implementasi Kurikulum Diklat Kepemimpinan Tingkay IV Pola Baru Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Jawa Barat,” Karya Tulis Ilmiah BPSDM Provinsi Jawa Barat. Ifanda Kurniawan. (2018). Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan. Makalah Disajikan Dalam Scribd. Kamilati, Nurul. (2018). Analisis Komponen Penilaian pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru," Edukasi 16.1 Kartini, Tintin, and Rusman Rusman. (2018). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud," Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2.2 (2018): 74-86. Katamwatiningsih, Sri Sukarni. (2020). Penataan Kurikulum Sebagai Pedoman Pendampingan Diklat Diklat Publikasi Ilmiah Orientasi Best Practice. Journal of Industrial Engineering & Management Research 1.4 Katamwatiningsih, Sri Sukarni. (2020). Pengembangan Kurikulum Diklat Publikasi Ilmiah sebagai Bentuk Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menulis Best Practice," Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan 4.1 (2020): 35-44. Keuangan Malang, Kementrian Keuangan Badan Pendidikan Dan Pelatihan Keuangan, 8 Mei 2015. Mujahidin, Firdos. (2018) “Pengelolaan Pembelajaran Diklat Berbasis Teams Learning Tournament,” Jurnal Diklat Keagamaan, Vol 12, No 34, Hal 177-190. Muslimin, I. (2012). Hakikat Kurikulum Dan Pembelajaran (Modul 1) Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan Peraturan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Nomor 04 Tahun 2013, Persekjen. Nellitawati. (2018). Bahan Ajar Manajemen Diklat,” Makalah Bahan Ajar, Dalam: Usulan Rekonstruksi Bahan Ajar di FIP UNP, 1 April 2018. Nuhajati, Wa, Dkk. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi Dalam Membangun Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (Pns),” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017. Nurul Kamilati. (2017). Analisis Komponen Penilaian Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Substantif Guru,” Volume XVI, Nomer 1, Tahun 2017. Peraturan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Reprublik Indonesia. (2013). Nomor 4 Permana, Prastian Dwija. (2015). "Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pengelasan," Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 15.1 Prabandari, E, “Model Desain Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Masalah Bagi Guru Sekolah Menengah Kejurahan,” Volume 15, Nomor 1, Juni 2016. Rusman, Titin Kartitin. (2018). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidikan Paud,” Volume II, Nomer 2, Tahun 2018. Samto. (2007).Perencanaan Diklat Bagi PTK – PNF,” Jurnal ilmiah VISI PTK – PNF, Volume 2, Nomor 1 Subekan, Achmat, Iskandar, Azwar. (2019) “Pengaruh Pemahaman Nilai Dasar Aneka Terhadap Pembentukan Sikap Peserta Latsar Cpns Pada Balai Diklat Keuangan Malang,” Jurnal Pendidikan. Vol 20, No 2. Hal 1-20. Sudrajat, D. (2009) “Pengembangan Kurikulum Diklat Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah Berbasis Kompetensi Pegawai,” Jurnal Good Governance, Volume 15, Nomor 2. Suradnya, IM. (2009). Pengembanmgan Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan Kepariwisataan Berkelanjutan,” Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 16, Nomor 3, Oktober 2009. Sutisna, A/ (2009). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kinerja Untuk Peningkatan Kompetensi Tutor Paket C,” Jurnal Ilmiah Visi Ptk – Pnf, Volume 4, Nomor 2, Desember 2009. Widianto, Edi. ( 2018). “Pola Penyelenggaraan Pendidikan Dan Pelatihan Di Balai Diklat Keuangan Kota Malang,” Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan. Vol 3, No 1, Hal 40-49. Yulianto, Erwin, Ginanjar, Arief. (2019). “Pengembangan Sistem Infromasi Manajemen Diklat Menggunakan Metode Serqual Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi (Studi Kasus: Balai Diklat Metrologi),” Media Jurnal Informatika. Vol 11, No 1, Hal 8-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.