Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan: Literatur Review
Abstract
Diklat bisa didefinisikan selaku upaya menaikkan pengetahuan, keahlian, serta perilaku disingkat dengan sebutan KSA ialah kompetensi. Tujuan diselenggarakannya program diklat merupakan upaya meningkatkan kompetensi dari partisipan diklat, yang pada kesimpulannya bisa dipergunakan para partisipan diklat tersebut terhadap pelaksanan tugas yang dikerjakannya, dari program diklat partisipan dapat menerapkan ilmunya di tempat kerjanya secara maksimal. Ada yang berkomentar bahwa output program diklat merupakan untuk meningkatkan kompetensi, menggapai tingkatan kesanggupan tertentu yang telah ditentukan, ataupun untuk mencegah kepincangan kapabilitas partisipan saat ini dengan kapabilitas yang diminta untuk berupaya dalam menjalankan beban pekerjaaan secara maksimal.
Kata kunci: evaluasi diklat, kirkpatrick, model evaluasi diklat
Full Text:
PDFReferences
Arinkunto, Suhartini. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Arthur, R. (2018). Evaluasi Program Diklat Karya Tulis Ilmiah Untuk Widyaiswara Pusbangtendik Kemendikbud. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Aryanti, T, Supriyono, S, & Ishaq, l. (2018). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal Athiyah. (2019). Evaluasi Program Diklat Unggulan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan 2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Bhrissalim, B & Fauzan, F. (2018). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Dachliyani. (2020). Instrumen Yang Sah: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (Evaluasi Pembelajaran). Jurnal Perpusnas Darojat, D & Wahyudhiana, W. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam Daryanto, HM. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Gunawan, I. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1),1-13 Hanum (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat di Kementrian Agama (The Evaluation Of Training and Education Program Administration In The Ministry Of Religious Affairs).Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan Hasibuan, J, K. (2012). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Balai Diklat Keagamaan Medan. Jurnal Tabularasa Iskandar, A. (2019). Evaluasi Diklat Asn Model Krikpatrick (Studi Kasus Pelatihan Affective Negotation Skill Balai Diklat Keuangan Makassar) (Kirkpatrick Evaluation Model on Civil Servant Training (Case Study of Financial Educatioan and Training Agency of Makassar). Jurnal Pendidikan, 20, 18-39 Munthe, A, P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 1-14 Muryadi, A, D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran), 3(1),1-16 Nurjanah. (2019). Evaluasi Diklat Peningkatan Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKG) ( The Evaluation Of Training For Promoting Competence Of Teacher Performace Assesment And Continous Professional Develompment). Jurnal Penelitian Agama dan Keagamaan, 17(3), 284-299 Nurjannah, D. I. (2018). Pelaksanaan evaluasi Diklat Perencanaan Penganggaran bagi Staf Perencana di Balai Diklat Keuangan Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang) Pamugar, H, Winarno, W. W, & Najib, W. (2014). Model evaluasi kesuksesan dan penerimaan sistem informasi e-learning pada lembaga diklat pemerintah. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 13-27
Pijuastuti, R. (2014). Studi Deskriptif Pembinaan Disiplin Kerja Pegawi Bidang Penyelenggaraan dan Evaluasi Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). Qowaid. (2012) . Evaluasi Diklat Jarak Jauh pada Balai Diklat Keagamaan Semarang. EDUKASI,10(3), 315-317 Ramadani, P. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan dan Pelatuhan (Diklat) Berbasis Masalah. Jmael: Journal of Management, Administration and Educational Leadership, 1(2), 43-46 Ritonga, Saipudin, Wahyudin. (2019). Penerapan Model Evaluasi Krcpatrick Empat Level dalam Mengevaluasi Program Diklat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal,14(1), 12-21 Ramadhon, S. (2016). Penerapan Model Emapat Level Kirkpatrick dalam Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Aparatur di Pusdiklat Migas. Swara Patra, 6(1), 43-54 Soemartono. (2000). Pendidikan dan Pelatihan Manajemen. Jakarta: PN Balai Pustaka Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan, Prinsip, dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. Sullivan, R. L,Wircenski, J. L, Arnold, S. S, & Sarkees, M. D. (1990). The Trainer's Guide:A Practical Manual for the Design, Delivery, and Evaluation of Training. Aspen Publishers Supriyadi, Dedi. 1992. Training Needs Analysis, Pusdiklat. PT Telekomunikasi Indonesia. Tulung. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV di Balai Diklat Keagamaan Manado. Jurnal "Acta Diurna",3(3), 1-16 Ulandari, R. (2019). Evaluasi penyelenggaraan diklat (studi kasus di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu). (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang) Utomo, A. P, & Tehupeiory, K. P. (2014). Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kickpatrick Analysis. Jurnal Telematika, 9(2), 37-41 Widyastuti, U & Purwana, ES, D (2015). Evaluasi Pelatihan (Training) Level II Berdasarkan Teori The Four Levels Krickpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB)
Refbacks
- There are currently no refbacks.