Belajar Membaca Dengan Menerapkan Metode WAFA Di TK Negeri Mitra Kencana Kab. Mimika Papua

Uswatun Khasanah

Abstract


Metode WAFA adalah sebuah membaca Al-Qur’an dengan pendekatan otak kanan. Dengan cara yang tidak biasa, kreatif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitan hasil belajar membaca dengan menerapkan metode WAFA, anak belajar membaca dengan menyenangkan, mengurangi rasa cemas orang tua terhadap kemampuan membaca anak. dan lembaga menjadi lembaga yang berkualitas, melaksanakan pembelajaran membaca sesuai dengan karakteristik belajar Anak Usia Dini; menyenangkan, bermakna dan anak bahagia.

Kata Kunci: mambaca, metode WAFA, TK.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2013). Kualitatif Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp- content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351. Laboro, P. (2008). Meningkatkan kemampuan membaca teknis dengan. Jurnal Inovasi, 5(September), 136– 142. Muhlisian, A. A. (2013). Analisis Kesalahan Terjemahan Bahasa Jepang Yang Terdapat Dalam Karya Ilmiah Mahasiswa S2 Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis, 31– 40. Nurbiana Dhieni, dkk (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka. Jakarta: Indonesia. Parti, S. M. (2019). Pembelajaran Calistung Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak Untuk Membangun Generasi Rabbani Di Era Globalisasi. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9 (01), 19–24. https://doi.org/10.33367/ji.v9i01.830. Pratiwi, E. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan, 7, 278–283.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.