Model Pembelajaran Reflektif Oleh Tutor Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Di PKBM Insan Madani

Risma Pri Hanjani, Ila Rosmilawati, Dadan Darmawan

Abstract


Model pembelajaran reflektif adalah proses pembelajaran dengan berfikir reflektif. Dalam model pembelajaran reflektif peserta didik dituntut aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman para tutor PKBM Insan Madani tentang model pembelajaran reflektif, penerapan model pembelajaran reflektif yang dilakukan tutor didalam kelas, dan kontribusi model pembelajaran reflektif untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik pendidikan kesetaraan di PKBM Insan Madani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor PKBM Insan Madani memiliki pemahaman tentang model pembelajaran reflektif. Dalam penerapan model pembelajaran reflektif tutor melaksanakan kegiatan pendahuluan, diskusi, refleksi dan penutup. Model pembelajaran reflektif dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik, dimana peserta didik memiliki daya serap yang cukup baik dalam memahami materi pelajaran.

Kata Kunci: Tutor, model pembelajaran reflektif, dan pemahaman belajar


Full Text:

PDF

References


Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 2 (1), 91-93. Poerwandari, E.K., (1998), Pendekatan Kualitatif dalam penelitian psikologi, Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Putra, F. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pedidikan Matematika. 1 (2), 204-209. Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.