Lomba Pidato Menciptakan Pengalaman Sukses Siswa di Masa Pandemi COVID-19

Najlatun Naqiyah, Luluk Dina Islamiyah

Abstract


Pada masa pandemi COVID-19, siswa berhak memperoleh pembelajaran yang terbaik untuk sukses. Pemerintah dan masyarakat perlu menyediakan sekolah yang memberi banyak peluang untuk sukses. Cara sekolah berbasis pondok pesantren dengan melakukan berbagai macam kompetisi yang memberikan pengalaman keberhasilan siswa diberbagai bidang akademik dan non akademik. Lomba digelar sebagai evaluasi selama pembelajaran satu tahun. Lomba pidato adalah salah satu lomba yang kompetisikan pada masa pandemi. Lomba pidato diikuti oleh 18 siswa dari delegasi siswa asrama berjumlah 450 siswa. Penilaian yang dilakukan meliputi penyampaian, isi, intonasi dan etika atau adab. Hasil lomba pidato tersebut dapat memberi pengalaman sukses sehingga siswa percaya diri mengatasi pandemi dan terus belajar pidato. Hasil lomba pidato memberi pelajaran pada anak belajar menghapal teks, berani menjelaskan ide dan gagasan, melakukan ekspresi dan inovasi dalam gerak dan intonasi suara, mempengaruhi audience dengan kata-kata dan kalimat yang baik dan benar. Lomba pidato mengasah siswa menjadi calon pemimpin masa depan untuk Indonesia maju.

Kata kunci: pengalaman berhasil, lomba pidato, pandemi COVID-19


Full Text:

PDF

References


A. Purwanto, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”, Edupsycouns, vol. 2, no. 1, pp. 1-12, Apr. 2020. Arbi, Armawati. (2012). Psikologi Komunikasi dan Tabligh, Jakarta: Amzah Djumhana Bastaman, Hanna., (2001) Integrasi Psikologi dan Islam, Bandung: Pustaka Pelajar, hlm. 49 Dwidienawati, D., Bramatoro, S., & Tjahjana, D. (2020). Face-to-Face and Lessons Learned from the Forced Shift to E-Learning during the COVID-19 Outbreak. 13(11), 119–134. Heidari, A. A., Ghalavand, S. T., & Vasigh, B. (2014). Making the Public Spaces with Spiritual Strategy in Bushehr. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 722–731. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.461 Hernández-Padilla, J. M., Granero-Molina, J., Ruiz-Fernández, M. D., Dobarrio-Sanz, I., López-Rodríguez, M. M., Fernández-Medina, I. M., Correa-Casado, M., & Fernández-Sola, C. (2020). Design and psychometric analysis of the COVID-19 prevention, recognition and home-management self-efficacy scale. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13). https://doi.org/10.3390/ijerph17134653 Jelińska, M., & Paradowski, M. B. (2021). Teachers’ engagement in and coping with emergency remote instruction during covid-19-induced school closures: A multinational contextual perspective. Online Learning Journal, 25(1), 303–328. https://doi.org/10.24059/olj.v25i1.2492 Lorig, K. R., & Holman, H. R. (2003). Self-management education: History, definition, outcomes, and mechanisms. In Annals of Behavioral Medicine (Vol. 26, Issue 1, pp. 1–7). Lawrence Erlbaum Associates Inc. https://doi.org/10.1207/S15324796ABM2601_01 Naqiyah, N dkk, (2019). Public Speaking untuk Meningkatkan Self-Efficacy. CV. A.A.Rizki. Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). 43.Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020 Universitas Indraprasta PGRI 123 *). Electronic) Pusat Kajian BK Unindra-IKI, 20(1). https://doi.org/10.26539/teraputik.41294


Refbacks

  • There are currently no refbacks.