Implementasi ‘Test of Evaluating’ & ‘Test of Creating’ Dalam Tes Tulis oleh Dosen Bahasa Inggris di Masa Pendemi Covid 19
Abstract
Era 4.0 menuntut praktisi pendidikan untuk lebih berfokus pada mutu yang dihasilkan oleh proses pembelajaran salah satunya adalah standar kualitas penilaian/ assessment. Assessment of learning berfokus pada hasil produk pembelajaran untuk menilai standar kualitas pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Assessment of learning yang paling banyak diterapkan dalam dunia pendidikan tinggi adalah test khususnya test diakhir pembelajaran dalam hal ini meliputi UTS dan UAS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan dokumen analisis yang bertujuan menganalisis implementasi test of evaluating dan test of creating yang tertuang dalam soal UTS dan UAS. Sumber data penelitian ini adalah Soal UTS dan UAS yang sudah dibuat oleh 2 orang Dosen Bahasa Inggris selama masa pandemi covid 19 yang mengajar di Program studi sastra Inggris di Universitas di Jawa Timur. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Untuk analisis data dilakukan pemberian kode pada data (coding data). Setelah itu data diidentifikasikan berdasarkan kategorisasi level kompetensi berdasarkan Bloom taksonomy khususnya level kompetensi evaluating dan creating. Kemudian data akan dianalisis dan dinterprestasikan. Dalam proses analisis dan interprestasi data juga perlu dibandingkan dan ditriagulasikan sampai semua kategori dalam data bisa ditampilkan sesuai dengan kebutuhannya. Temuan yang pertama menunjukan bahwa ‘test of evaluating’ ditemukan satu butir saja yang meminta mahasiswa untuk membuat penilaian khususnya mengkritisi berdasarkan pada kriteria dan standar kualitatif. Sedangkan temuan kedua menunjukkan ‘test of creating’ yang terdapat pada soal UTS dan UAS berpola pada kemampuan menghasilkan sesuatu yang baru dengan mengimplikasikan proses di dalam ‘creating’ yaitu generating (merumuskan), planning ( merencanakan) dan producing (memproduksi). Dengan mengimplementasikan Bloom taksonomy, dosen tidak hanya terbantukan tetapi juga meluaskan dan mempertajam assessment sehingga tujuan pembelajaran tidak hanya mengajarkan transfer melainkan juga mencakup seluruh proses kognitif yang dbutuhkan untuk transfer belajar.
Kata kunci: test of evaluating, test of creating, assessment of learning, taxonomi Bloom,
Full Text:
PDFReferences
Aghaei, K., Education, P., Rad, E. M., & Science, G. 2018. On the Interconnection between Bloom’s Critical Thinking Taxonomy & Listening Comprehension Performance of Iranian EFL Learners . 22–31 . Bloom, B. 1956. Taxonomy of Educational Goals. Canada: Longman LTD. Ebadi, S. 2016. Exploring Bloom’s Revised Taxonomy of Educational Objectives in TPSOL Textbooks. Journal of Teaching Persian to Speakers of Other Languages, 5(1), 65–93. Eber, P. A., & Parker, T. S. 1999. Assessing Student Learning : Applying Bloom ’ s Taxonomy Bloom ’ s Taxonomy. (1956), 45–54. Ekahitanond, V. 2013. Promoting university students ’ critical thinking skills through peer feedback activity in an online discussion forum. 59(2), 247–265. Krathwohl, D. R. 2014. Revision An of Overview Bloom ’ s Taxonomy : 41(4), 212–218. Mall-amiri, B., & Sheikhy, F. 2014. The Comparative Impact of Autonomy and Critical Thinking on EFL Learners ‟ Writing Achievement. Theory and Practice in Language Studies, 4(5), 903–916. https://doi.org/10.4304/tpls.4.5.903-916 Mbato, C. L. 2019. Indonesian EFL Learners ’ Critical Thinking in Reading : Bridging the Gap between Declarative , Procedural and Conditional Knowledge. HUmaniora, 31(1), 92–101. Paul, R., & Elder, L. 2008. The Miniature Guide to Critical Thinking. Setyowati., & Susanto. 2019. Promoting University Students’ Critical Thinking Skills Through Implementation of the Revised Bloom’s Taxonomy in Language Assessment: A Theoretical framework Perspective.181-184 (SoSHEC 2019) Thomas, T. 2017. Developing First Year Students ’ Critical Thinking Skills. 7(4). https://doi.org/10.5539/ass.v7n4p26 Wilson, K. 2016. Critical reading , critical thinking : Delicate scaffolding in English for Academic Purposes ( EAP ). Thinking Skills and Creativity, 22, 256–265. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002 Zuhri, F., & Susanto. 2018. A Study on the Competence of English Subject at Junior Middle School Having Low and High Order Thinking Skills. 108 (SoSHEC 2017), 60–64.
Refbacks
- There are currently no refbacks.