Kecenderungan Global dalam Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran untuk Pendidikan

Nurul Khumairoh Nurul Khumairoh

Abstract


Perkembangan dunia mengenai teknologi dan pendidikan semakin maju akibat dipengaruhi oleh zaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan ilmu pengetahuan sekaligus keterampilan, dan perilaku sikap yang dapat mengikuti perkembangan tersebut guna menyeimbangkan berbagai kemajuan dalam lingkup teknologi dan ilmu pendidikan, baik di lembaga formal, informal, maupun nonformal. Sehingga diharapkan konsep pembelajaran dapat lebih bersifat student center. Dimana memasuki revolusi industri 4.0 yang juga menuntut setiap individu untuk bisa memanfaatkan teknologi atas perkembangan revolusi digital. Berbagai bentuk pembelajaran telah dikembangkan melalui konvergensi edukasi informal dan nonformal dengan cara penggabungan perangkat multimedia seperti pembelajaran pada suatu aplikasi yang menggabungkan antara buku, audio, dan video.

Kata kunci: media, teknologi, pendidikan informal dan nonformal


Full Text:

PDF

References


Anglin, J. Gary, “Instructional Tecnology,” Past, Present, and Future. E. Fantini, dan R.S. Tamba, “Mediamorfosisi Edukasi Informal Online Melalui Platfrom Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru,” Majalah Ilmiah Bijak, no. 1, pp. 114-127, 2020. E. Firmansyah, “Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, no. 1, pp. 657-666, 2019. F.F. Hanum, “Penerapan Teknologi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Nonformal,” Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan Dikmas, no. 1, 2019. I, Anwas, “Pendidikan Luar Sekolah dalam Pelita VII, Prakiraan berpegang pada 25 tahun Pendidikan Sekolah,” Seminar HAI XXXI di Bogor, 1996. M. Ramli, “Media dan Teknologi Pembelajaran,” IAIN Antasari Press, 2012. Seels, Barbara B. Richey Rita C, “Instructional Tecnology: The Definition and Domains of the Field,” Association for Educational Communication and Tecnology: Washington, DC, 1994. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan, “Definisi Teknologi Pendidikan Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT,” CV. Rajawali. Jakarta, 1986. Soejono, Ag, “Aliran Baru dalam Pendidikan (Jilid 2),” Bandung: CV. Ilmu, 1979. Y. Miarso, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan,” Jakarta: Pustekkom, 2005. E.F. Rusydiyah, “TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, Implementasi Pembelajaran Era 4.0,” Surabaya: UIN SUNAN AMPEL PRESS, 2019. DPR-RI, “LAPORAN PANITIA KERJA PETA JALAN PENDIDIKAN KOMISI X DPR RI,” Laporan Panja Peta Jalan Pendidikan (PJP), 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “PETA JALAN PENDIDIKAN INDONESIA 2020-2035,” 2020. H.F. Firdaus; Herpratiwi; U. Rosidin, “Evaluasi Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Bulok Kabupaten Tanggamus,” S. Murwitaningsih, “Evaluasi Program Siaran Pendidikan Interaktif Televisi Edukais Mata Pelajaran IPA,” Jurnal Evaluasi Pendidikan, no. 7, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.