Analisis Kebijakan Pendidikan Era Pandemi di Indonesia

Farid Wajdi Farid Wajdi, Asmani Arif Asmani Arif

Abstract


Kebijakan pendidikan merupakan sebuah ide (gagasan) konseptual sebagai pedoman aktivitas bagi individu, pendidik, partisipan didik, orang tua, serta wargat secara luas guna terselenggaranya proses pembelajaran terhadap kondisi yang sedang terjadi. Kebijakan yang baik adalah kebijakan yang dapat dirasakan orang banyak, baik segi manfaat, hak, dan kewajiban bagi setiap individu (warga Negara). Pemerintah lewat departemen Pembelajaran serta Kebudayaan sudah berupaya dalam membagikan pelayanan pendidikan terbaik berupa kebijakan pendidikan. diantaranya, yaitu meniadakan ujian nasional, teknis ujian sekolah, kenaikan kelas, dan penerimaan siswa baru, penyaluran dana BOS, menginstruksikan belajar dari rumah, pemberian kuota internet gratis, kompensasi pembayaran uang semester, dan upah bagi para pendidik.
Kata Kunci: kebijakan, pendidikan, era pandemi


Full Text:

PDF

References


F. Wajdi, Nilai-Nilai Karakter Etnis Bajo Relevan Dengan Nilai Karakter Bangsa. Makassar: Yayasan Barcode, 2020. [2] F. Wajdi, Buku Ajar Perencanaan Pengajaran Panduan Di Perguruan Tinggi. Malang: Ahlimedia Press, 2021. [3] Z. P. Farid Wajdi, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai Kearifan Lokal Etnis Bajo dalam Satuan Pendidikan.,” in Prosiding Simposium Nasional Filsafat Nusantara Ke-1 (Eksplorasi Kekayaan Filsafat dan Kearifan Lokal Nusantara dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju), H. Santoso, Ed. Yogyakarta: Laboratorium Filsafat Nusantara Universitas Gadjah Mada, 2020, pp. 63–77. [4] A. Wilder-Smith and D. O. Freedman, “Isolation, quarantine, social distancing and community containment: Pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak,” J. Travel Med., vol. 27, no. 2, pp. 1–4, 2020, doi: 10.1093/jtm/taaa020. [5] F. Wajdi, “Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi,” JAMP J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 41–50, 2021, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/17229. [6] T. Lupia, S. Scabini, S. Mornese Pinna, G. Di Perri, F. G. De Rosa, and S. Corcione, “2019 novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak: A new challenge,” J. Glob. Antimicrob. Resist., vol. 21, pp. 22–27, 2020, doi: 10.1016/j.jgar.2020.02.021. [7] World Health Organization, “15-Novel Coronavirus(2019-nCoV),” WHO Bull., no. February, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/situation-reports/20200211-sitrep-22ncov.pdf?sfvrsn=fb6d49b1_2. [8] T. Guardian, “Do not let this fire burn: WHO warns Europe over Covid-19,” Guardian News & Media Limited or its affiliated companies, 2020. https://www.theguardian.com/world/2020/mar/13/european-countries-take-radicalsteps-to-combat-coronavirus (accessed Mar. 04, 2021). [9] G. J. Milne and S. Xie, “The Effectiveness of Social Distancing in Mitigating COVID-19 Spread: a modelling analysis,” medRxiv, pp. 1–16, 2020, doi: 10.1101/2020.03.20.20040055. [10] S. Lubis, M. Hutabarat, and M. R. Nasution, “Undang-Undang Dasar 1945,” vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2019, doi: 10.31227/osf.io/498dh. [11] Sisdiknas, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.,” pp. 1–21, 2003, [Online]. Available: www.hukumonline.com. [12] M. Maskuri, “Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik dalam Sistem Politik di Indonesia,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 2, no. 1, pp. 78–91, 2017, doi: 10.35316/jpii.v2i1.64. [13] Y. Hendayana, “Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi,” Humas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2020. http://www.dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangandunia-pendidikan-di-masa-pandemi/. [14] D. S. A. Dharma, “Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana Covid-19: Pengalaman Sekolah Tumbuh,” J. Penelit. Kebijak. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 79–92, 2020, doi: 10.24832/jpkp.v13i2.350. [15] S. V. M. Meiynana, “Potensi Pendukung Pelaksanaan Program Indonesia Pintar: Studi Kasus Di Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon,” J. Penelit. Kebijak. Pendidik., vol. 13, no. 2, pp. 139–154, 2020, doi: 10.24832/jpkp.v13i2.381. [16] E. Setiawan, “Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI),” Badan Pengemb. dan Pembin. Bahasa, Kemdikbud (Pusat Bahasa), vol. 2016, 2012. [17] W. T. S. Arwildayanto, Arifin Suking, Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press, 2018. [18] T. P. Hastuti and S. Soehartono, “Kebijakan Pendidikan Di Tinjau Dari Segi Hukum Kebijakan Publik,” J. Jurisprud., vol. 8, no. 1, pp. 34–41, 2018, doi: 10.23917/jurisprudence.v8i1.6293. [19] Z. P. Farid Wajdi, “The Implementation of Elementary Student Character Values Among the Bajo Tribe through Pancasila Values as Character Building,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 4, no. 4, pp. 95–104, 2021, doi: https://doi.org/10.20961/shes.v4i4.50591. [20] L. Agustino, “Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19 : Pengalaman Indonesia Analysis Of Covid-19 Outbreak Handling Policy : The Experience Of Indonesia,” Junal Borneo Adm., vol. 16, no. 2, pp. 253–270, 2020, [Online]. Available: https://samarinda.lan.go.id/jba/index.php/jba/article/view/685. [21] W. N. Dunn, Public Policy Analysis: An integrated approach. Routledge, 2017. [22] D. Ihsan, “Mendikbud Susun Kebijakan Pembelajaran Terbaik di Masa Pandemi,” Kompas.com, 2020. https://www.kompas.com/edu/read/2020/09/11/182639071/mendikbud-susunkebijakan-pembelajaran-terbaik-di-masa-pandemi. [23] S. GTK, “Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi,” Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masapandemi#:~:text=Sejak Maret 2020%2C Kemendikbud telah,di masa pandemi Covid-19.&text=Kemendikbud juga akan memberikan bantuan,(September s.d. Desember 2020). [24] L. N. Alfiah, D. A. Rokhim, and I. A. I. Wulandari, “Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan,” JAMP J. Adm. …, vol. 3, no. September, pp. 216–223, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/14266. [25] M. Hayudiyani, A. Supriyanto, and A. Timan, “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Budaya Lokal,” JAMP J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 3, pp. 102–109, 2020, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/. [26] F. Evananda, I. Bafadal, and A. Y. Sobri, “Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan,” J. Adm. dan Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 252– 262, 2018, doi: 10.17977/um027v1i32018p252.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.