Tren Digitalisasi Pendidikan Di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Nanda Alfan Kurniawan, Priska Christi Wardhani

Abstract


Pendidikan sejatinya menjadi kebutuhan pokok bagi pembentukan kepribadian dan karakter ideal seorang individu. Proses belajar yang terjadi dalam kurikulum pendidikan pada akhirnya akan mengarahkan peserta didik agar dapa memenuhi tantangan dan kebutuhan pribadi, sosil, belajar, dan kariernya dari masa kemasa. Digitalisasi pendidikan merupakan tranformasi proses belajar mengajar dari konvensional menjadi modern yang bertujuan untuk menciptakan situasi dan kondisi belajar efektif, efisien dan berorientasi perubahan. Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran mengenai trend digitalisasi pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian pustaka. Sumber data atau bahan penulisan menggunakan sumbersumber rujukan terakreditasi dan bereputasi berdasarkan hasil-hasil kajian ilmiah dan penelitian terdahulu. Hasil kajian pustaka memberikan informasi bahwa trend digitalisasi pendidikan sebenarnya telah berjalan mulai di era revolusi industri dan di tekankan penerapannya pada masa pandemi tahun 2020. Digitalisasi pendidikan berlangsung cukup cepat dan dialami pada semua satuan tingkat pendidikan yaitu mulai pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, pendidikan mengenah pertama, pendidikan menengah atas dan pendidikan tinggi.

Kata kunci: digitalisasi pendidikan, pendidikan indonesia


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. Datzberger, S. (2018). Why education is not helping the poor. Findings from Uganda. World Development, 110, 124–139. Dilmaç, S. (2020). Students’ Opinions about the Distance Education to Art and Design Courses in the Pandemic Process. World Journal of Education, 10(3), 113–126. Ernazarov, D. (2019). ED THE ROLE OF EDUCATION IN THE DEVELOPMENT OF ECOLOGICAL CULTURE OF YOUTH. Архив Научных Исследований. Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(02), 137– 154. KEBUDAYAAN, M. P. D. A. N., & INDONESIA, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Khomariyah, K. N., & Afia, U. N. (2020). DIGITALISASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI DAMPAK ERA KEBERLIMPAHAN. ISoLEC Proceedings, 4(1), 72–76. Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Riyandi, A., Aulianita, R., Wiyatno, A., Triantori, V., & Musyaffa, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 37–42.

Rosser, A. (2018). Beyond access: Making Indonesia’s education system work. Rydning, D. R. G. (2018). The digitization of the world from edge to core. Framingham: International Data Corporation. Shestakova, T. N., Sukhorukova, L. M., Ivchenko, M. V, & Fokin, N. I. (2017). Education as the national safety element in the globalizing world. In Integration and Clustering for Sustainable Economic Growth (pp. 167–172). Springer.

Shimeles, A., & Verdier‐Chouchane, A. (2016). The key role of education in reducing poverty in South Sudan. African Development Review, 28(S2), 162–176. UU RI. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Van Zon, S. K. R., Reijneveld, S. A., de Leon, C. F. M., & Bültmann, U. (2017). The impact of low education and poor health on unemployment varies by work life stage. International Journal of Public Health, 62(9), 997–1006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.