Urgensi Literasi Digital bagi Anak Usia Dini dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia

Afif Auliya Nurani

Abstract


Artikel ini membahas tentang pentingnya literasi digital bagi anak usia dini (0-6 tahun) khususnya urgensi dalam peta jalan pendidikan pada tahun 2020-2035. Mengingat tingkat literasi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir sangat rendah sedangkan literasi sangat dibutuhkan dalam menyongsong era society 5.0. Selain itu, terjadinya pandemi COVID-19 telah membuat seluruh tatanan kehidupan beralih menjadi serba digital, termasuk di antaranya dalam melaksanakan pembelajaran di lembaga PAUD. Adapun peranan keluarga, sekolah, dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan penanaman literasi digital sejak dini.

Kata kunci: Literasi digital, anak usia dini, peta jalan pendidikan


Full Text:

PDF

References


L. Tahmidaten and W. Krismanto, “Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya),” pp. 22–33, 2018. E. Devega, “Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos,” Kominfo, 2018. https://kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malasbaca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media. I. Damayanti, “Optimalisasi Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia” vol. 3, pp. 1004–1009, 2019. R. Hobbs and C. Julie, “Design Features of a Professional Development Program in Digital Literacy,” J. Adolesc. Adult Lit., vol. 0, no. 0, pp. 1–9, 2018. H. Fauzi and U. P. Indonesia, “Pemanfaatan Teknologi Gadget terhadap Pengaruh Sosial Emosi PAUD dalam Konsep Pembelajaran Literasi Digital,” vol. 20, no. 1, pp. 50– 53, 2020. J. M. Pinariya and M. Lemona, “Literasi dan Sosialisasi Internet Ramah Anak,” pp. 50–56, 2016. J. S. Radesky and D. A. Christakis, “Increased Screen Time: Implications for Early Childhood Development and Behavior,” Pediatr. Clin. North Am., vol. 63, no. 5, pp. 827–839, 2016, doi: 10.1016/j.pcl.2016.06.006. J. Ohoitimur, “Tantangan bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang bagi Lembaga Pendidikan Tinggi Johanis Ohoitimur,” Respons, vol. 23, no. 02, pp. 143– 166, 2018.

A. H. Proceedings and S. Purnama, “Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha AHPIECE,” vol. 1, no. April, pp. 493–502, 2018. J. P. Gee, “The Old and the New in the New Digital Literacies,” Educ. Forum, vol. 76, no. 4, pp. 418–420, 2012, doi: 10.1080/00131725.2012.708622. K. Novitasari, “Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini,” vol. 3, no. 01, pp. 50–56, 2019. R. I. Saptatiningsih and S. A. Permana, “Early Childhood Character Building Troughtechnological Education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1254, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1254/1/012048. W. Yulianingsih, S. Suhanadji, R. Nugroho, and M. Mustakim, “Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1138–1150, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.740. M. Alper, “Developmentally Appropriate New Media Literacies: Supporting cultural competencies and social skills in early childhood education,” J. Early Child. Lit., vol. 13, no. 2, pp. 175–196, 2013, doi: 10.1177/1468798411430101. R. Flewitt, D. Messer, and N. Kucirkova, “New Directions for Early Literacy in a Digital Age: The iPad,” J. Early Child. Lit., vol. 15, no. 3, pp. 289–310, 2015, doi: 10.1177/1468798414533560. D. Graber, “New Media Literacy Education (NMLE): A Developmental Approach,” J. Media Lit. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 82–92, 2012, [Online]. Available: http://ezproxy.umsl.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=tr ue&db=eric&AN=EJ985681&site=ehostlive&scope=site%5Cnhttp://www.jmle.org/index.php/JMLE/article/view/188. J. Lundqvist, A. W. Mara, and S. Eva, “Inclusive Education, Support Provisions and Early Childhood Educational Pathways in the Context of Sweden: A Longitudinal Study,” Int. J. Spec. Educ., vol. 30, no. 3, pp. 3–16, 2015. L. Plowman, J. McPake, and C. Stephen, “Extending Opportunities for Learning,” Contemp. debates …, pp. 1–11, 2012, [Online]. Available: https://www.google.com/books?hl=en&lr=&id=L3Ug3Df7zFwC&oi=fnd&pg=PA 95&dq=Extending+opportunities+for+learning&ots=ttgUkv1tVp&sig=qQ0jnSOrb 8wGZ1FoMQUTq-mo9RM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.