Kursus Daring di Masa Pandemi Covid 19: Review Kebijakan untuk Lembaga Kursus dan Pelatihan di Indonesia

Dwi Agatha Nur Astika, Supriyono Supriyono, Ahmad Ahmad

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di Asia. Indonesia terdampak kasus virus Covid-19 sejak Maret 2019. Kursus daring ialah metode pembelajaran kontak alat sebagai sarana berkomunikasi antara pembelajar dan pengajar. Menurut undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 26 ayat 5 mengenai kursus dan pelatihan membahas pokok pikiran tentang pendidikan keterampilan, standar kompetensi, pengembangan sikap kewirausahaan serta pengembangan kepribadian profesional. Kajian ini difokuskan pada kebijakan kursus daring berbasis pada Massive Open Online Course (MOOC), Pembelajaran Jarak Jauh dan konten digital, sehingga menemukan formulasi tata kelola kursus yang tepat di masa pendemi covid 19 yang perlu dilakukan dimulai dari proses promosi, persiapan dan pelaksanaan kursus daring. Hasil telaah menunjukkan bahwa kursus daring di Lembaga kursus dan pelatihan sudah ada sebelum pandemi, oleh karena itu inovasi baru yang dapat diimplementasikan dimasa pendemi berupa tata kelola yang professional yang mengacu pada regulasi standar pemerintah, selain itu juga kursus daring di Indonesia sudah terintegrasi dengan teknologi digital sehingga dengan mudah berkontribusi dalam menjembatani kepentingan kursus daring saat pandemi secara tuntas.

Kata Kunci: kebijakan, covid-19, kursus daring, lembaga kursus dan pelatihan


Full Text:

PDF

References


Haris, A. (2017). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar. Kemendikbud. 2018. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kursus Dalam Jaringan. Jakarta Keputusan Empat Menteri. 2020. Buku Panduan Pembelajaran Masa Pandemi. Jakarta MAQBUL, M. (2020). Peran Massive Open Online Course Terhadap Pembelajaran AlQuran di Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 14(3), 239-250. Munir (2009), Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung : Alfabeta Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074-1084. Soelaman Joesoef (1992) , Konsep Dasar Pendidikan non formal. Jakarta: Bumi Aksara. Widiastuti, N. (2018). Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 30-35. Wiswanti, C., & Belaga, S. Y. (2020). Integrasi Nilai Keislaman Dalam Proses Pembelajaran Di Era Mooc (E-Learning) Melalui Strategi Pre-Post Rules. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 86-99. Zamzami, E. M. (2020). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.