Peran Penting Penyusunan Desain Evaluasi Bagi Pelaksanaan Program Pelatihan

Arina Cahya Arina Cahya, Indi Yazida P. N Indi Yazida P. N, Lala Mawarni S Lala Mawarni S, Robiatus Saniyah Robiatus Saniyah, Sucipto Sucipto

Abstract


evaluasi merupakan bagian dari proses pembelajaran khususnya pelatihan. Untuk mengevaluasi program pelatihan dapat dilakukan evaluasi empat level Kirkpatrick, yakni (1) reaksi, (2) pembelajaran, (3) perilaku, dan (4) hasil. Pelaksanaan program pelatihan tidak akan pernah diketahui dampaknya tanpa melakukan evaluasi. Evaluasi berperan penting dalam setiap pelaksanaan program. Karena dari evaluasi pengurus atau pelaksana mengetahui kekurangan dan kelebihan pelaksanaan program tersebut. Evaluasi pun harus memiliki desainnya sendiri, agar terlaksana secara sistematis. Selain itu komponen evaluasi program pelatihan dapat melalui model CIPPO, yakni (1) context, (2) input, (3) process, (4) product, dan (5) outcome.

Kata kunci: Desain Evaluasi, Evaluasi Kirkpatrick, dan Model CIPPO


Full Text:

PDF

References


Ananda Rusydi, Rafida Tien. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Aritonang, Y. M., Sandy, I. A., & Anggadipura, F. (2012). Perancangan sistem evaluasi kegiatan belajar mengajar di Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan. Aryanti, Teni, Supriyono, & Ishaq M. (2002). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Program Pasca Sarjana. 5, 1–13. Darmayanti, S. E., Wibowo, U.B. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo A Program Evaluation of Character Education in Elementary School of Kulon Progo Regency. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 224-234 Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). 済無No Title No Title. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699. Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1). Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Imam Gunawan. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 1–13. Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.

Ngadi, F., & Anu, Z. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Pendidik Paud PENDAHULUAN Salah satu strategi peningkatan mutu pendidik PAUD yang telah diberlakukan selama ini melalui pengembangan gugus . Upaya peningkatan mutu pendidik seperti yang dipersyaratkan dal. 1(2). Nuriyanti, R. (2006). Desain Evaluasi Kurikulum Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) ( Studi kasus di Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Probolinggo ) training curriculum at UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Ker. 1–9. Prasasti, T. (2011). Program Evaluation On Tutor Training at Open University. Jurnal Evaluasi Pendidikan. 2(2), 206-217 Primayana, K. H., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran. Widyacarya, 4(2). Ridwan, I., & Suryono, Y. (2015). Evaluasi program pelatihan vokasi di sanggar kegiatan belajar Ujung Pandang Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 145. Rizal, R., Susanti, E., Sulistyaningsih, D., & Budiman, D. M. (2020). Desain Evaluasi Program Pelatihan Guru Fisika Profesional. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Phisics, 2(1), 30–37. Santosa, B.J, dkk. 2016. Evaluasi Pelatihan Stimulasi, Deteksi, Dan Intervensi Dini Perkembangan Anak Berdasarkan Model Evalusi Pelatihan Kirkpatrik. 2-Trik: Tunas-Tunas Riset Kesehatan. Vol. VI No. 1. Hal: 44-52 Saputra, H. (2019). Evaluasi Program Pelatihan Desain Pembelajaran Bagi Dosen Universitas Terbuka. JURNAL SeMaRaK, 2(2). https://doi.org/10.32493/smk.v2i2.2933 Seti Adi, Dadi. (2016). Pendekatan, Desain, dan Prosedur Evaluasi Program. Program Pascasarjana UPI Bandung, 4(1), 93–103.

Setyawan, C. E. (2015). Desain Evaluasi Program Pembelajaran Bahasa Arab. Journal Al-Manar, 4(1). Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. Sugiyanto, dkk. 2015. Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 19, No. 1. Hal: 83-95 Sulistiono, E. K. O., Catra, R., & Biru, B. (2020). Implementasi Pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kebutuhan Di Berbagai Negara : Meta Sintesis Komponen Pelatihan. 1(2), 72–83. Tayibnapis, F.Y. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta. Utomo, A. P. Tehupeiory, K.P. Tanpa tahun. Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. Jurnal Telematika. vol. 9 no.2. hal 38-41 Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238. Yusuf, F. (2008). Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenal, A. (2014). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT REMAJAROSDAKARYA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.