Analisis Kemampuan 4c’s Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 SDN Jiken Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

Suhartono Suhartono, Siti Umayaroh Siti Umayaroh, Tri Murti Tri Murti, Firda Aulia Ramadhan, Irma Anisa Fitriyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan 4 C’s dalam pelaksanaan pembelajaran semester gasal 2020/2021 SDN Jiken Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Lokasi penelitian yang termasuk pedesaan dimaksudkan agar diperoleh gambaran kualitatif dari kemampuan 4 C’s di SD yang mayoritas ada di daerah pedesaan. Penelitian kualitatif dengan desain penelitian naratif deskriptif diterapkan. Hasilnya pada masa pandemic ini ada realita bahwa pembelajaran dalam jaringan tidak memungkinkan diwujudkannya aspek kemampuan kolaboratif semua kelas. Aspek kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan komunkasi terencana dan terlaksana dalam pembelajaran.
Kata kunci: 4 C’s, pembelajaran, berpikir kritis, berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Hammond, Linda Darling. Hyler, Marria E. Gardner, Madelyn. 2017. Effective Teacher Profesional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute. Haryanto, Reevi. 2019. Transformasi Pendidikan Abad 21 Melalui Rumah Belajar. (Online) (http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2019/07/tranformasi-pendidikan- abad-21-melalui-rumah-belajar/ ) diakses 9 Desember 2019.

Kivunja, Charles. 2015. Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4C’s “Super Skills” for the 21st Century through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construcrion to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm. (Online) (https://file.scirp.org/pdf/CE_2015021710581286.pdf) diakses 7 Desember 2019. National Education Association.2010. Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs”. (Online) (http://www.nea.org/assets/docs/AGuide-to-Four-Cs.pdf ) diakses 7 Desember 2019. Paniagua, Alejandro.& David, Istance. 2018. Educational Research and Innovation Theachers as Designers of Learning Environments the Importance of Innovative Pedagogies. Paris: OECD Kemendikbud.2013. Implementasi Kurikulum. (Online) (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A- 2013ImplementasiK13Lengkap.pdf) diakses 7 Desember 2019. Kemendikbud.2014. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah . (Online) (https://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no- 103-tahun2014.pdf) diakses 7 Desember 2019. Satori dan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Sloan, Paul.2007. Lateral Thinking Skills: Unlocking the creativity and innovation and your team. London: Kogan Page Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta Suhartono.2017. Keefektifan Model Pembelajaran Pilihan Aktivitas Belajar (Pab) Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD. Malang: Jurnal Sekolah Dasar (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3163) Sutanto, Purwadi. 2017. Panduan Implentasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Zubaidah.2018. Mengenal 4C’s: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.01. (Online) https://www.researchgate.net/profile/Siti_Zubaidah5/publication/332469989_ME NGENAL_4C_LEARNING_AND_INNOVATION_SKILLS_UNTUK_MENGH ADAPI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40_1/links/5cb73 e77a6fdcc1d499bb356/MENGENAL-4C-LEARNING-AND-INNOVATIONSKILLS-UNTUK-MENGHADAPI-ERA-REVOLUSI-INDUSTRI-40-1.pdf) diakses 7 Desember 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.