Strategi Implementasi Higher Order Thinking Skill (HOTS)Terhadap Kemandirian Belajar Anak Usia Dini Study Kasus di TK DWP Simpang Kabupaten Sidoarjo

R F Ahmada R F Ahmada, Sulthoni Sulthoni

Abstract


Tujuan dari kajian ini untuk menganalisis strategi implementasi HOTS terhadap kemandirian belajar anak usia dini di TK DWP Simpang Kabupaten Sidoarjo. Alasan dilakukan penelitian ini, dikarenakan banyaknya peserta didik yang hanya memiliki pengetahuan dasar dan minimalnya kemandirian peserta didik dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berusaha mendeskripsikan strategi implementasi HOTS terhadap kemandirian belajar anak usia dini di TK DWP Simpang Kabupaten Sidoarjo. Hasil dari kajian ini yakni terdapat peningkatan kemandirian belajar anak usia dini setelah diterapkan pembelajaran HOTS di TK DWP Simpang Sidoarjo.    Kata Kunci : High Order Thinking Skills, Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc. Arthur lewis & Davis Smith. (1993). Defining High Order Thingking Theory IntoPractice Collage of Education. Ohio : The Ohio State University Beddu, S . (2019). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol I. No 3. 71-84 Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam. PROCEEDING ft, 189. di akses di: http://bit.ly/2k66VLI Gunawan, A. W. (2006). Genius Learning Strategi. Jakarta: PT. Pustaka Utama Gramedia

Heong, dkk. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2) Lipman, M. (2003). Thinking in Education. New York: Cambridge University Press Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Kennedy, M. (2004). Melatih Anak Agar Mandiri. Jakarta: Erlangga. Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak –Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya Purnamasari, I. N. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. ISSN: 2686-6404 Resnick, L. B. (1987). Education and Learning to Think. Washington, D.C: National Academy Press. Ridwan, S. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tanggerang: Tira Smart Sofyan, F. A. (2016). Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa Vol III. No 1 -17, 2019. ISSN:2598-6244


Refbacks

  • There are currently no refbacks.