Gerakan Literasi Digital Keluarga Mengoptimalkan Kecerdasan Linguistic Pada Anak Usia Dini

Kurniah Astutik

Abstract


Dalam dunia pendidikan anak usia dini kemampuan literasi sangat dibutuhkan karena merupakan dasar penting bagi anak untuk mengembangkan kemampuan dalam semua aspek pembelajaran selanjutnya. Pengembangan literasi ini dapat dilakukan dengan menyediakan berbagai buku menarik sebagai bahan bacaan untuk anak. Tetapi dengan terdapatnya virus covid 19 di Indonesia, membatasi seluruh aktivitas tatap muka di area pembelajaran terutama pada anak usia dini. Kegiatan GLN yang biasanya bisa dilakukan bersama-sama di area terbuka seperti di halaman sekolah, kebun, dan perpustakaan akhirnya tidak dapat terjangkau. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengoptimalkan kecerdasan linguistic pada anak lewat gerakan literasi digital keluarga.

Kata Kunci: anak usia dini, literasi digital, kecerdasan linguistic


Full Text:

PDF

References


Alia, Tesa (2018). Pendampingan Orangtua Pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Literasi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 6578. Bingham, G. E & Terry, N. P. (2013). Early Language and Literacy Achievement of Early Reading First Student in Kindergarten and 1st Grade in United States. Journal of Research in Childhood Education, 27, 440-45. Franklin, D. (2018). Helping Your Child with Language-Base Learning Disabilities. Oakland, CA: New Harbinger Publications. Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design: Computerbased training, web-based training, distance broadcast training, performance based solution (2nd ed). San Francisco, USA: Pfeiffer A Wiley Imprint Murray, E., & Harrison, L. J. (2011). The influnence of being ready to learn on children's eraly scholl literacy and numeracy achivement. Educational Psychology, 529545. Nurani Sujiono, Yuliani.(2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks. Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya. Terrel, Pamela, Watson, & Maggie. (2018). Laying a Firm Foundation: Embedding Evidence Based Emergent Literacy Practices Into Early Intervention and Preschool Environments. Language Speech and Hearing Services in Schools, 148-164. Ulfah, M. (2020). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga. Jurnal Obsesi, 10-19. Wiyani, Novan Ardy. (2016). Format PAUD (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Yeo, L. S., Ong, W. W., & Ng, C. M. (2014). The Home Literacy Environment and Preschool Chlidren's Reading Skills and Interest. Early Education and Development, 791- 814.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.