Pembelajaran Berbasis Muatan Lokal Pada Program Kesetaraan Paket Di PKBM

Dadan Darmawan, Ino Sutisno Rawita, Annisa Husnun Nadia

Abstract


Muatan lokal merupakan pembelajaran unggulan di program kesetaraan paket C PKBM Ummatan Wasathon. Pembelajaran ini untuk membekali peserta didik agar berdaya dan dapat menjadi wirausahwan, tetapi pada pelaksanaannya muatan lokal ini belum berjalan maksimal karena minimnya minat warga belajar dalam wirausaha, tutor yang kurang ahli, serta muatan lokal dianggap tidak penting karena tidak ada kaitannya dalam prestasi akademik. Dari latar belakang tersebut didapat bahwa penelitian ini akan membahas mengenai pembelajaran muatan lokal pada program kesetaraan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembelajaran tmuatan lokal pada warga belajar program kesetaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode penelitian deskriptif ini digunakan untuk memperoleh data dari hasil temuan-temuan yang ada di lapangan secara detail tentang kenyataan-kenyataan yang terjadi di tempat penelitian. Responden pada penelitian ini yaitu PKBM Ummatan Wasathon, tutor dan warga belajar program paket C . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut sudah berjalan dengan baik, terlihat pada tahapan pelaksanaan muatan lokal tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah terlaksana. Memang belum semuanya berjalan dengan maksimal, tetapi setidaknya pembelajaran muatan lokal ini memberikan bekal keterampilan untuk dapat digunakan setelah lulus sebagai sumber pencaharian

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, (2011), Konsep dan Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Basrowi dan Suwandi, (2008), Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fetrianto, Farizal, (2019), Penerapan Formative Summative Evaluation Model dalam

Penelitian Tindakan.

Hamalik, Oemar, (2011), Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Harjanto, (2005), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Idi, Abdullah, (2007), Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.