Mengulas Indeks Fungsi Pengelolaan Program PNFI

Alamanda Nur Rokhmah, Anita Damayanti, Medelin Denada Rosbida, Rimba Ardiasih, Riris Dwi Puji Rahayu, Yennie Arifah Hafshoh Azzahidah, Ach Rasyad

Abstract


Penulisan artikel bertujuan untuk mengetahui fungsi pengelolaan program PNFI.
Pendidikan non formal dan informal menawarkan berbagai macam program. Program-program ini
memerlukan suatu pengelolaan yang baik, terstruktur, dan terencana. Suatu pengelolaan program
tentunya mempunyai fungsi yang mendasari. Fungsi dari pengelolaan program PNFI terdiri dari
perencanaan, pengorganisasian, memberi motivasi, pengawasan, evaluasi, dan pengembangan.
Fungsi pengelolaan program PNFI tersebut saling berkaitan dan berkeseinambungan setiap fungsi
yang berbeda karena itu juga berpengaruh dan memiliki fungsi masing-masing. Keefektifan fungsi
ini dapat membawa perkembangan suatu program salah satunya dalam program PNFI untuk
memperoleh pencapaian yang meningkatkan suatu program. Karena fungsi-fungsi tersebut penting
saat pengelolaan program yang dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan maksimal.


Full Text:

PDF

References


A. Abeng, "Fungsi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Pengelolaan

Alokasi Dana Desa Didesa Empakan Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang,"

Governance, 2020.

B. Setiyadi, "Prosedur Dan Tata Kerja Pendidikan Non Formal," Jurnal Pendidikan Luar

Sekolah, 2020.

D. G. H. Divayana, "Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi

Indonesia Menggunakan Model Cse-Ucla," Jurnal Pendidikan Indonesia, 2016.

E. Himayaturohmah, “Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan

Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Provinsi Riau,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3 (1), pp.

–110, 2017.

F. Maujud, ‘’Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam

(Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan)’’,

Jurnal Penelitian Keislaman, Vol.14 No.1, 30-50, 2018.

H. Hamdi, “Penerapan Fungsi Manajemen Pada Kantor Kelurahan Rantau Kiwa

Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin”, Jurnal Ekonomi Bisnis, hal 155 – 163,

H. Pratiwi, “Pengaruh Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Dan Budaya Kerja Terhadap

Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pt. Admiral Lines

Belawan”, Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 5(2), 42-48, 2018.

I. P. Widiyanto & E. T. Wahyuni, “Implementasi Perencanaan Pembelajaran”, Satya

SastraharingIV, no.2, pp.16-35, 2020.

I. Yani, “Penerapan ungsi manajenem dalam memenuhi standar pengelolaan satuan

pendiidkan non formal,” J. Ilm. Visi, vol. 15(2), pp. 175–188, 2020.

M. A. Rizka, & R. Hardiansyah, “Strategi pengembangan inovasi program pendidikan

nonformal sebagai best practices bagi pusat kegiatan belajar masyarakat”, JPPM

(Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 187-196, 2016.

M. A. Rizka, & W. Tamba, “Pemetaan inovasi program pendidikan non formal pada pusat

kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kota Mataram”, Jurnal

Transformasi, 1(1), 1-10, 2015.

M. B., "Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa)," Jurnal Manajemen Pendidikan, 2017.

M. Qasim & M. Maskiah, “Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan”, Jurnal

Diskursus Islam IV, no. 3, pp, 484-492, 2016.2015.

N. Hoerniasih, “Pengelolaan Program Taman Penitipan Anak Plamboyan 3 di Kabupaten

Karawang”, Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1),

-42, 2017.

N. Hoerniasih, Faktor Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar

Masyarakat (Pkbm) “Bina Sejahtera “Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe

Timur Kabupaten Karawang, In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

FKIP (Vol. 1, No. 2), 2017.

N. M. S. Utami & I. M. P. Astakoni, “Peran Gender Sebagai Group Pada Kepemimpinan

Path Goal Dan Motivasi Sebagai Determinan Kinerja Guru”, Widya Manajemen,

(1), 36-46, 2020.

P. Anggraeni & A. Akbar, “Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses

pembelajaran’’, Jurnal Pesona Dasar, VI, no. 2, 2018.

R. Ananda & A. Amiruddin, Perencanaan Pembelajaran, 2019.

R. A. R. Moh Ishom, Kukuh Miroso Raharjo, “Konstruksi Model Pengelolaan

Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Berbasis Keswadayaan Oleh PKBM Di

Kabupaten Malang,” J. Pendidik. Nonform., vol. 15(1), pp. 45–51, 2020.

R. A. Suryadi & A. Mushlih, “Desain dan perencanaan pembelajaran”, Deepublish, 2019.

R. S. Saragih & H. M. P. Simarmata, “Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi

terhadap Kinerja Pegawai”, Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19(2), 124-134,

S. D. NAPU, “Keterlaksanaan Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

(PKBM) Di Kawasan Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo,” skripsi, vol.

(12140813, 2012.

S. Harahap, “Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen”, ATTAWASSUTH:

Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 211-234, 2017.

S.S. Permana., A. Rahman, Syamsudin, “Optimaliasi Fungsi Pengorganisasian Dalam

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ibadah Haji”, Jurnal Manajemen Dakwah,

Volume 2, Nomor 4, 2017.

S. Nugroho, “Manajemen Persatuan Renang Seluruh Indonesia Kabupaten Cilacap’’,

Jurnal Pendidikan Unsika, 2016.

S. Samsuni, “Manajemen sumber daya manusia”, Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan

Kemasyarakatan, 17(1), 113-124, 2017.

S.Susanti, “Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas

sumber daya manusia”, Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2), 2014.

S. Syahyuti, ”Pengorganisasian Secara Personal Dan Gejala Individualisasi Organisasi

Sebagai Karakter Utama Pengorganisasian Diri Petani Di Indonesia”, Penelitian

Agro Ekonomi, Volume 30 No. 2, 129 -145, 2020.

T. Aryanti, "Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan," Jurnal Pendidikan Nonformal,

W. Widodo, “Pengelolaan sanggar kegiatan belajar (SKB) pada era otonomi daerah,” JPPM

(Jurnal Pendidik. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 2(1), pp. 94–106, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.