Penguatan SKB Kota Malang Melalui Penilaian Akreditasi

Ahmad Ahmad, Ratih Permata Sari

Abstract


Abstrak: Menghadapi penilaian akreditasi, tantangan sekaligus kendala yang dihadapi SKB Kota Malang adalah rendahnya pemahaman pengelola SKB tentang prosedur dan mekanisme akreditasi layanan PAUD, sebagaimana diatur dalam Peraturan Mendikbud No. 137/2014 membahas tentang Standar Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini. Standar tersebut harus diterjemahkan oleh SKB dalam bentuk kinerja untuk semua layanan yang ada tidak terkecuali layanan PAUD. Kajian deskriptif ini mengacu pada hasil observasi secara bebas, dengan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengelola satuan PAUD yang mengalami kesulitan dan keterbatasan informasi tentang pentingnya program akreditasi. (2) lembaga menghadapi kendala dalam menyusun dokumen evaluasi diri satuan. (3) Banyak lembaga yang telah mengajukan akreditasi namun dokumen dinyatakan tidak layak untuk dilanjutkan ke tahapan penilaian akreditasi.

Kata kunci: penilaian akreditasi; penguatan SKB; PAUD


Full Text:

PDF

References


Accreditation, C. for H. E. (2012). Council for Higher Education Accreditation. Profile of Accreditation--Revised. Fact Sheet #1. In Council for Higher Education Accreditation.

Basari, G., Altinay, Z., Dagli, G., & Altinay, F. (2016). Assessment of the Quality Management Models in Higher Education. Journal of Education and Learning. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p107

Busron, & Rachmi, T. (2020). Analisis Capaian Standar dan Pemanfaatan Hasil Akreditasi PAUD Provinsi Banten. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.

Danver, S. L. (2016). Council for Higher Education Accreditation. In The SAGE Encyclopedia of Online Education. https://doi.org/10.4135/9781483318332.n91

Eaton, J. S. (2016). Accreditation and competency-based education. The Journal of Competency-Based Education. https://doi.org/10.1002/cbe2.1006

Ewell, P. (2001). Accreditation and Student Learning Outcomes: A proposed Point of Departure, September 2001. Council for Higher Education Accreditation (CHEA)

Handayani, B., & Ismanto, B. (2019). Evaluasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p083

Ittihad, I. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. PALAPA. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.186

Jf, N. Z., & Latif, M. A. (2020). Peningkatan Kualitas Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.4155

Kemendikbud. (2015). Kemendikbud RI Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2015 - 2019. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Generasi Emas Indonesia 2045. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). PENDAMPINGAN AKREDITASI LEMBAGA PAUD DI IGTKI WONOSEGORO. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.443

PNF, B. P. dan. (2019). kebijakan dan mekanisme akreditasi PAUDdan PNF tahun 2019. https://Banpaudpnf.Kemdikbud.Go.Id/Upload/Download-Center/Kebijakan%20dan%20Mekanisme%20Akreditasi%20BAN%20PAUD%20DAN%20PN_1553764520.Pdf.

Rasyid, H. (2015). MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Anak.

https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Saidah, I. (2020). Implementasi Supervisi Manajerial melalui Penyusunan Visi Misi TK dengan Metode Delphi. Aulad : Journal on Early Childhood. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.44

Schomaker, R. (2015). Accreditation and quality assurance in the Egyptian higher education system. Quality Assurance in Education. https://doi.org/10.1108/QAE-08-2013-0034

Tajuddin, M., Hisyam, M., & Suharliyanto, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Self Acreditation Berbasis Online. Jurnal MATRIK, 17(2), 80–92. https://doi.org/10.30812/matrik.v17i2.153

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Yuliantina, I. (2020). Pentingnya akreditasi satuan paud. 1–6.

Yunita Murdiyaningrum, & Novrian Satria Perdana. (2020). Operational Cost Requirements Analysis in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 58–70. https://doi.org/10.21009/jpud.141.05


Refbacks

  • There are currently no refbacks.