ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH FUNGSI KOMPLEKS

Yulia Nurrahmawati, Sukoriyanto Sukoriyanto, Mochammad Hafiizh

Abstract


Untuk dapat memahami materi fungsi kompleks dengan baik maka
dibutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang baik pula.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematika mahasiswa pada mata kuliah fungsi kompleks.
Subyek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa offering A
semester V yang memiliki kemampuan berbeda, yaitu rendah,
sedang, dan tinggi yang dipilih berdasarkan hasil pengerjaan
mengenai soal fungsi kebalikan dan pangkat, pada subyek dengan
kemampuan rendah dalam proses pemecehan masalah belum mampu
memahami permintaan soal sehingga mendapat kesulitan dalam
memecahkan permasalahan, untuk subyek yang memiliki
kemampuan sedang dalam pemecahan masalah masih belum mampu
merencanakan dengan baik proses penyelesaian masalah sehingga
tidak bisa menggambarkan proses dari pengerjaan soal, sedangkan
pada sabjek berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah
mampu memehami permasalahan soal sehingga proses penyelesaian
dapat terlihat dengan rinci. Hal ini yang nantinya akan menjadi dasar
evaluasi dalam perbaikan pembelajaran.

Kata kunci : pemecahan masalah, fungsi kompleks


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mtsn dengan menggunakan metode open ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal

Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Dahlan, J. A. (2011). Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka: Jakarta

Afri, Lisa Dwi. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CRA. Math Educa Journal, 1(1), 25-36.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Prence University Press.

Hayat, Bahrul. (2010). Benchmark internasional mutu pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspendik. (2016). Hasil TIMSS Indonesia tahun 2015. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Winarni, E. S. & dan Harmini, S. (2017). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamzah, Ali. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kushendri, K. & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Jurnal On Education, 1(1), 94-100


Refbacks

  • There are currently no refbacks.