KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

Zida Amalia, Ummu Sholihah

Abstract


Berpikir lateral merupakan pola berpikir yang tetap menggunakan fakta-fakta yang ada untuk menentukan hasil akhir yang diinginkan dan secara kreatif mencari alternatif pemecahan masalah dari berbagai sudut pandang yang paling mungkin yang salah satunya dipengaruhi oleh gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik dalam memecahkan masalah bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui kemampuan berpikir lateral siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik mampu mengenali ide dominan dari masalah yang sedang dihadapi dan mampu menggunakan ide-ide acak untuk membangkitkan ide-ide baru. Siswa auditorial cenderung menggunakan satu cara untuk memecahkan permasalahan dan tidak fleksibel dalam berpikir, sedangkan siswa visual dan kinestetik cenderung menggunakan lebih dari satu cara untuk memecahkan permasalahan, dan fleksibel dalam berpikir.

Kata kunci: berpikir lateral, pemecahan masalah, gaya belajar.


Full Text:

PDF

References


R. R. Wantika., “Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Geometri.,” in PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika UNNES Vol. 2, 2019, pp. 932–937.

E. N. Muliawati, “Proses Berpikir Lateral Siswa dalam Memecahkan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender,” J. JP2M (Pendidikan dan Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 1, p. 56, 2016.

A. S. Widodo, “Proses Berpikir Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Teacher,” in Prosiding Seminar Nasional Matematika FMIPA UNY, 2012.

Rahmawati, “Seminar Hasil TIMSS 2015,” 2015. http://idslide.net (accessed Mar. 02, 2022).

M. I. V. S., M. M.O, F. P., and H. M., “TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Science. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.,” 2020. https://timssandpirls.bc.edu/isc/publications.html (accessed Mar. 02, 2022).

D. Pramita, A. Nursangaji, and Hamdani, “Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended di SMPN 10 Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 4, no. 10, pp. 1–12, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i10.11885.

Leonard, “Peran Kemampuan Berpikir Lateral dan Positif Terhadap Prestasi Belajar Evaluasi Pendidikan,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 5, no. 1, May 2013, doi: 10.21831/cp.v5i1.1259.

E. De Bono, Think! Before its’ too Late. London: Vermilion, 2009.

E. D. Bono, Berpikir Lateral Terj. Budi. Jakarta: Binarupa Aksara, 1990.

Salisatul Apipah and Kartono, “Analissi Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment.,” UJMER (Unnes J. Math. Educ. Res., vol. 6, no. 2, pp. 148–156, 2017.

A. L. D. Bire, “Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa,” J. Kependidikan, vol. 44, no. 22, p. 169, 2014.

S. Z. Sholihah and E. A. Afriansyah, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 287–298, Aug. 2018, doi: 10.31980/mosharafa.v6i2.317.

Ja’far Nur’aini, Sukayasa, and R. Lefrida, “Profil Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar oleh Siswa SMP Ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial.,” J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 4, no. 4, 2017.

D. N. Utami, B. Kusmanto, and S. A. Widodo, “Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Geometri,” J. Edukasi Mat. dan Sains, vol. 7, no. 1, p. 37, Mar. 2019, doi: 10.25273/jems.v7i1.5290.

Nunuy Nurkaeti, “Polya’s Strategy: An Analysis of Mathematical Problem Solving Difficulty in 5th Grade Elementari School,” Eduhumaniora (Jurnal Pendidik. Dasar), vol. 10, no. 2, pp. 140–147, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.