KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII-F SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Rista Risqi Khoiriyah, Muniri Muniri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tentang perbedaan gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII-F SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan gaya belajar, yakni visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif danĀ  desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar visual sangat baik karena memenuhi empat indikator, kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar auditori baik karena memenuhi tiga indikator, dan kemampuan penalaran matematis siswa bergaya belajar kinestetik baik, karena memenuhi tiga indikator penalaran.

Full Text:

PDF

References


Widyaningrum, A. Z. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5. Journal IAIMNU Metro Lampung, 1 (2), 187,

Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Moleong, L. J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Deporter,B. Dan Hernacki, M. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.