KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SUDUT PADA SEGITIGA DAN POLIGON CEMBUNG BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

Atik Khoriun Nisak, Aulia Rahmi Lubis, Gilbert Orapel, Sukoriyanto Sukoriyanto, Kridha Pusawidjayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi sudut pada segitiga dan poligon cembung berdasarkan tahapan Newman. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada mata kuliah pengantar geometri program studi S1 Pendidikan Matematika offering D Universitas Negeri Malang dengan jumlah mahasiswa sebanyak 34 mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 mahasiswa yang banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal sudut pada segitiga dan poligon cembung. Hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal materi sudut pada segitiga dan poligon cembung berdasarkan tahapan Newman adalah kesalahan transformasi, dan kesalahan keterampilan proses.

Kata kunci : kesalahan siswa, sudut segitiga, poligon cembung tahapan Newman


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Indonesia.

Razak, F., Sutrisno, A.B., & Immawan, A.Z. 2017. Analisis Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional, 3 (1).

Clement, M.A. 1980. Analysing Children Errors On Writeen Mathematical Tasks. Educational Studies In Mathematics.

Suci, B., & Chandra, T. D. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang 9(1)

Puspitarini, R. T. A. D., & Masriyah. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 65-70.

Rosalina, Y. 2018. Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 6 Malang Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Berdasarkan Tahapan Newman Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Malang, 51.

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Prakitipong, N. , & Satoshi, N. 2006. Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9 (1), 114.

Putri, A M, & Budiarto M. 2017. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.