KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KOSTRUKSI DASAR GEOMETRI

Aulia Rahmi Lubis, Atik Khoirunisak, Gilbert Oraple, Sukoriyanto Sukoriyanto, Kridha Pusawidjayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal konstruksi dasar mata kuliah Pengantar Geometri. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Matematika offering D yang jumlah mahasiswanya adalah 34 mahasiswa. Subjek penelitian adalah 3 mahasiswa berdasarkan mahasiswa yang banyak melakukan kesalahan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenisnya deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode tes dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Konstruksi Dasar yang Dibenarkan Pengantar Geometri adalah kesalahan konsep, kesalahan strategi dan kesalahan sistematik.

Kata kunci : Analisis kesalahan, Konstruksi, Geometri


Full Text:

PDF

References


Kurniadi, A. 2014. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas Xi-Ipa Sma Sekabupaten Kudus Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika (Online), 2 (7).

Malau, L. 1996. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas I Smu Kampus Nommense Pematang Siantar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Terapan Siswa Persamaan Linier 2 Variabel. Malang.

Mulyono, A, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Arti, S. 1994. Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa SMA (Pengakajian Diagnosa). Jurnal Kependidikan Jogjakarta.

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.