KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS- HEURISTIC DAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER PADA MATERI SEGIEMPAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 KANIGORO

Anni Rosyida, Zainal Abidin, Ettie Rukmigarsari

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan model LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers. Penelitian ini menggunakan penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu sequential explanatory design. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan adalah desain true experimental. Dan jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan VII J sebagai kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes kemampuan awal dan hasil tes kemampuan akhir (posttest) pemecahan masalah matematis peserta didik.Instrumen penelitian menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas yang menggunakan model LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers dengan kelas yang menggunakan model konvesional (Sig ); (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers lebih baik dibandingkan peserta didik dengan menggunakan model konvensional (thitung    > ttabel ); (3) Subjek yang telah dipilih pada kelas yang menggunakan model LAPS-Heuristic dan strategi giving question and getting answers mempunyai pencapaian indikator yang lebih menguasai daripada kelas yang menggunakan model konvensional.

Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Model LAPS-Heuristic, Strategi Giving Question and Getting Answer


Full Text:

PDF

References


Fuad, I. 2005. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hendriana, H. H., Sumarmo, U., dan Rohaeti, E. E., 2017. Hard Skills dan Softskills. Bandung: PT. Refika Aditama

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Kurino, Y. 2018. Model Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, Vol 1(1): 34-39.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: PT. Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Creswell, J.W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran) Edisi keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Abidin, Z., dan Walida, S.E. 2019. Interactive E-Module Model of Transformation Geometry Based on Case (Creative, Active, Systematic, Effective) as A Partical and Effective Media to Support Learning Autonomy and Competence, International Journal of Development Research, Volume 9, Issue 01, pp.25156-25160

Nuansyah, N., Efuansah., dan Yanto. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, Vol 5(2):162-167.

Putri, R., Rahmi., dan Edriati, S. 2017. Pengaruh Strategi Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1(2):54-56.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Effendi, S., dan Siregar, S. 2018. Penerapan Strategi Giving Question And Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntasi, Vol (1) 2: 125-137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.