INTERFERENSI BERPIKIR PADA POKOK BAHASAN PELUANG KELAS XI KIMIA INDUSTRI 1 DI SMK NEGERI 1 GRATI KABUPATEN PASURUAN

Zakiyah Bahanan

Abstract


Masih kurangnya kemampuan dalam menggunakan dan menerapkan konsep, sehingga siswa seringkali melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal permutasi dan kombinasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tanda-tanda dan penyebab interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal serta mendeskripsikan solusi untuk meminimalisasi interferensi berpikir yang dialami siswa.  Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas XI jurusan Kimia Industri dengan instrumen berupa tes dan wawancara. Dua subjek dipilih dengan mempertimbangkan hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal dan kemampuan komunikasinya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tanda-tanda interferensi berpikir pada siswa terdiri dari dua kategori kesalahan, yaitu: (1) kesalahan dalam menganalogikan soal, dan (2) kesalahan dalam menentukan informasi penting pada soal. Faktor yang menjadi penyebab diantaranya ketidaktepatan mengkonstruksi petunjuk mengingat materi dan terkecoh pada kalimat soal. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, guru diharapkan dapat menentukan perencanaan pembelajaran matematika yang baik sehingga proses pembentukan pengetahuan siswa juga dapat diterima dengan baik.

Full Text:

PDF

References


A. Isroil, I. K. Budayasa, and M. Masriyah, “Profil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika,” J. Rev. Pembelajaran Mat., vol. 2, no. 2, pp. 93–105, Dec. 2017, doi: 10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105.

J. E. Ormrod, Psikologi Pendidikan: membantu siswa tumbuh dan berkembang, 6th ed. Jakarta: Erlangga, 2008.

K. Kusaeri, “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi,” Suska J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, p. 125, Nov. 2018, doi: 10.24014/sjme.v4i2.6098.

R. S. Feldman, Pengantar Psikologi, 10th ed. Jakarta: Salemba Humanika, 2012.

A. Masroni and T. Nusantara, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggunakan Aturan Perkalian dan Aturan Penjumlahan,” Semin. Nas. Pendidik. Mat. Ahmad Dahlan, pp. 18–24, 2016.

Subanji, Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. universitas negeri malang, 2015.

Sukoriyanto and T. Nusantara, “Karakterisasi interferensi berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi,” Universitas Negeri Malang, 2017. [Online]. Available: http://repository.um.ac.id/64530/

W. Yanti, T. Nusantara, and A. Qohar, “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Permutasi dan Kombinasi,” vol. 1, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.