PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS X IPA

Monika Retno Wulandari, Aty Nurdiana, Partono Partono

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian berhubungan dengan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan menerapkan langsung model pembelajaran Think Talk Write pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Penelitian dilakukan di salah satu SMA di kota Bandar Lampung. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA pada semester genap yang tersebar dalam 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 127 siswa. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk mengambil kelas sampel dan didapat kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data statistik menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon pada taraf 5% diperoleh  yakni 1,64 < 1,96. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X IPA.

Kata kunci: think talk write, kemampuan komunikasi matematis


Full Text:

PDF

References


NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. [Online]. Tersedia: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf. [November 2018].

Wardhana, I.R. dan Lutfianto, M. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2).

Yuniarti, Yeni. 2014. Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal EduHumniora, 6 (2).

Son, Aloisius L. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiraloka, VII (1).

Fadilla, Fitri Y. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Thalk-Write pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) Fakultas Matematika Universitas Negeri Medan. ISBN : 978-602-17980-9-6.

Hermawan, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Matematis pada Siswa SMP Negeri 1 Rawamerta. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matema-tika dan Pendidikan Matematika (SESIMADIKA).

Hamdayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, KE & Yudhanegara, MR. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Bunga, Thahar, H.E., dan Juita, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think Talk Write dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Anai. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2 (1) , 63-74.

Lisa, E., Adha, I., dan Rosalina, E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII SMP Negeri 5 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2017/2018. Artikel Jurnal STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal diterbitkan.

Yamin, Martinis & Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referensi.

Isro’atun., Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Bumi Aksara.

Hendriana, H., Rohaeti, EE., dan Sumarmo, U. 2016. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: STKIP Siliwangi Press.

Lestari, KE & Yudhanegara, MR. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nari, Nola. 2015. Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Ta’dib,18 (2), 150-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.